Sukses

Kontingen Indonesia Masuk Urutan 3 Upacara Pembukaan SEA Games 2021

Liputan6.com, Hanoi - Kontingen Indonesia berada di urutan tiga pada upacara pembukaan SEA Games 2021 di My Dình National Stadium, Hanoi, Vietnam, Kamis (12/5/2022). Emilia Nova memimpin Tim Merah Putih.

Masuk setelah Brunei Darussalam dan Kamboja, sebanyak 29 atlet Indonesia berpartisipasi pada acara ini. Mereka mewakili empat cabang olahraga yang akan tampil pada pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara itu.

Cabor-cabor itu yakni empat orang dari atletik, empat orang dari jujitsu, 12 dari cabang renang, dan tiga dari cabang e-Sport. Mereka akan ditemani lima orang dari headquarter kontingen Indonesia, serta Chef de Mission SEA Games 2021 Ferry Kono.

Perwakilan Indonesia polo shirt putih berbalut cardigan merah yang dipadukan dengan celana berwarna cream. Masing-masing peserta defile juga akan mengenakan ikat kepala dari provinsi-provinsi di Indonesia. Mereka juga akan mengenakan sepatu merek lokal Fine Counsel milik Greysia Polii.

Vietnam menggunakan sejumlah teknologi seperti mapping, AR (augmented reality), dan EX (extended reality) pada pembukaan SEA Games 2021. Selain itu, juga ada gambar grafis simbol 40 cabor yang dilukiskan melalui karya Dong Ho atau kerajinan tradisional Vietnam.

Total Indonesia mengirim 499 atlet ke SEA Games 2022 yang ditunda setahun karena pandemi Covid-19.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tema SEA Games 2021

Panitia penyelenggara SEA Games 2021 (VIESGOC) telah merilis rangkaian kegiatan dalam upacara pembukaan yang diawali dengan parade, pengibaran bendera Vietnam, perayaan lagu kebangsaan, pengibaran bendera Asia Tenggara dan SEA Games 2021.

Pesta olahraga Asia Tenggara di Vietnam ini mengangkat titel "Let's Shine", atau "Untuk Asia Tenggara yang Lebih Kuat".

Upacara pembukaan SEA Games 2021 dibagi ke dalam tiga bagian, yaitu "Vietnam Ramah", "Asia Tenggara Kuat", dan "Asia Tenggara Cemerlang".

Tema "Let's Shine", yang juga menjadi lagu resmi SEA Games 2021, didefinisikan sebagai kekuatan batin dalam persamaan dan perbedaan budaya Asia Tenggara.

"Untuk menciptakan efek yang menarik, yaitu repertoar, tim kreatif menggunakan teknologi proyeksi gambar grafis, AR, dan EX," kata Direktur Departemen Seni Pertunjukan Tran Ly Ly dilansir NLD.

"Itu adalah teknologi terbaru dan modern yang tersedia saat ini. Khususnya pertunjukan pemetaan dengan simbol 40 cabang olahraga dari berbagai negara diwakili oleh lukisan Dong Hon," jelasnya.