Sukses

SEA Games 2021 Segera Dimulai, Kontingen Indonesia Siap Tempur

Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 resmi dikukuhkan oleh Menpora Zainudin Amali pada Minggu (8/5/2022).

Liputan6.com, Jakarta- Kontingen Indonesia sudah siap tempur di SEA Games 2021 yang berlangsung di Hanoi, Vietnam pada 12-23 Mei 2022. Kontingen Indonesia resmi dikukuhkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali pada Minggu (8/5/2022). 

Upacara pengukuhan Kontingen Indonesia di SEA Games 2021 berlangsung di Hall Basket Gelora Bung Karno, Jakarta. Selain Menpora, upacara pengukuhan juga dihadiri Chef de Mission Ferry Kono, ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari dan ketua KONI Pusat Marciano Norman. 

Pengukuhan Kontingen Indonesia ini dihadir perwakilan atlet yang belum terbang ke Vietnam. Pasalnya meski baru resmi dibuka 12 Mei, beberapa cabang olahraga sudah ada yang menggelar pertandingan seperti sepak bola. 

Di SEA Games 2021, Indonesia mengirimkan 499 atlet dengan rincian 313 atlet putra dan 186 putri. Merah Putih ikut bertanding di 32 dari 41 cabor yang dipertandingkan.

Pada upacara pengukuhan, Raja Sapta membakar semangat juang atlet. "Apakah kalian sudah siap berjuang mengibarkan bendera Merah Putih dan mengumandangkan Indonesia Raya," tanya Okto kepada para atlet. 

Pertanyaan Okto langsung dijawab para atlet yang hadir di Hall Basket Gelora Bung Karno: "Siap," sahut para atlet kompak. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sambutan Menpora

Sementara itu Menpora berpesan agar para atlet memberikan yang terbaik demi memuaskan masyarakat Indonesia. 

“270 juta rakyat Indonesia memberikan harapan kepada Anda semua. InsyaAllah harapan itu terjawab dengan baik dengan prestasi sebaik-baiknya,” ujar Zainudin Amali

"Bertanding dengan semaksimal mungkin, dan mudah-mudahan jadi modal Olimpiade (Paris 2024). Harus memulai yang baru harus target dunia," lanjut Zainudin Amali.

3 dari 3 halaman

Bertahap

Setelah dikukuhkan, Kontingen Indonesia yang belum terbang ke Vietnam akan dilepas Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Senin (9/5/2022).

Sementara itu, CdM Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Ferry J Kono, menyampaikan keberangkatan atlet akan dilakukan secara bertahap.

"Keberangkatan bertahap mulai 3-12 Mei. Beberapa cabor sudah berangkat, seperti pencak silat, golf, futsal, dan sepak bola, rowing, dan catur. Masih ada 24 cabor lainnya. Indonesia dijadwalkan mengikuti upacara pembukaan SEA Games 2021 yang diwakili 30 atlet,” kata Ferry. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.