Sukses

Kurang Trengginas, Ganda Campuran Indonesia Harus Perkuat Komunikasi

Evaluasi bagi Rinov/Pitha dan Adnan/Mychelle yang tampil kurang trengginas di tur Eropa dan Korea adalah harus memperkuat komunikasi.

Liputan6.com, Jakarta Satu hari jelang bergulirnya Kejuaraan Asia 2022, tim bulutangkis Indonesia terus mematangkan persiapan. Terbaru, 19 wakil Skuad Garuda kembali menjajal lapangan Muntinlupa Sports Complex di Manila, Filipina hari Senin siang (25/4/2022).

Termasuk dalam 19 wakil itu adalah tiga pasangan ganda campuran pelatnas, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso, dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Amon Santoso sebagai pelatih ganda campuran yang mendampingi, mengatakan bahwa anak asuhnya sudah siap berlaga. Faktor angin yang cukup besar di lapangan sudah terbiasa dihadapi Rinov/Pitha cs.

"Melihat situasi lapangan seperti ini yang cukup berangin, semua punya peluang. Kita juga di Cipayung sudah terbiasa. Jadi harusnya tidak ada masalah," ucap Amon.

"Kita latihan dua hari ini memang untuk adaptasi. Dan saya rasa mereka sudah siap bertanding. Baik Rinov/Pitha, Adnan/Mychelle maupun Rehan/Lisa," lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Evaluasi

Menurut Amon, evaluasi bagi Rinov/Pitha dan Adnan/Mychelle yang tampil kurang trengginas di tur Eropa dan Korea adalah harus memperkuat komunikasi. Bila komunikasi lancar, ia yakin dua pasangan ini bisa berbicara lebih banyak di persaingan ganda campuran.

"Rinov/Pitha dan Adnan/Mychelle saya harap komunikasi antar pasangan bisa lebih baik lagi. Dengan komunikasi yang baik, maka akan bisa lebih jalan mainnya, kekompakannya lebih erat," sebut Amon.

"Saya banyak ngobrol sama mereka supaya mereka bisa saling ngobrol juga. Evaluasi kekurangan-kekurangan masing-masing," tukas Amon.

3 dari 5 halaman

Berburu Poin

Sementara Rehan/Lisa yang tampil oke di dua turnamen Eropa, Swiss Terbuka dan Orleans Masters dituntut untuk memburu poin sebanyak-banyaknya demi menaikkan peringkat. "Untuk Rehan/Lisa saya harap mereka bisa mengumpulkan banyak poin di sini agar segera naik rankingnya," kata Amon.

Dalam kesempatan yang sama, Rinov/Pitha mengakui bahwa penampilan mereka belum cukup baik. Di ajang ini mereka bertekad untuk tampil sesuai dengan kapasitasnya.

4 dari 5 halaman

Belum Bagus

"Kami di tur kemarin secara permainan maupun hasil belum bagus. Masih harus banyak kerja keras. Di sini kami ingin lebih baik lagi, bisa tampil sesuai yang diinginkan," ucap Rinov.

"Komunikasi kami di lapangan sebenarnya tidak ada masalah, tapi kami akan terus tingkatkan. Kami mau maksimal di setiap kesempatan. Beban selalu ada cuma tidak mau fokus ke sana," ujar Pitha.

5 dari 5 halaman

Target

Pasangan nomor 20 dunia itu menargetkan babak semifinal sebagai awalan langkahnya. "Kami mau ke semfinal tapi fokus satu demi satu dulu," pungkas Rinov.

Ganda campuran Indonesia menurunkan empat wakil di Kejuaraan Asia 2022 yang bergulir mulai tanggal 26 April hingga 1 Mei mendatang. Selain tiga nama di atas, ada Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang hadir melalui jalur profesional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.