Sukses

Transfer Liga 1: Persib Bandung Tambah Stok Penjaga Gawang

Persib Bandung menambah amunisi menyambut Liga 1 2022/2023. Pangeran Biru merekrut kiper Fitrul Dwi Rustapa.

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung menambah amunisi menyambut Liga 1 2022/2023. Pangeran Biru merekrut kiper Fitrul Dwi Rustapa.

Sang penjaga gawang menjadi pemain kedua yang direkrut Persib dari Persipura Jayapura. Dia mengikuti jejak David Rumakiek yang dipinang untuk memperkuat lini pertahanan skuat Maung Bandung.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat Teddy Tjahjono menyebut Fitrul didatangkan berdasar masukan tim pelatih.

Penampilan gemilang Fitrul dari 26 laga selama 2.340 menit bersama Persipura di BRI Liga 1 2021/2022 menjadi salah satu di antara pertimbangan di balik alasan keputusan ini. Kiper asal Garut tersebut akan mengisi slot kosong yang ditinggalkan Muhammad Natshir setelah kontraknya habis akhir musim ini. 

"Kontraknya 1+1. Tentunya ini semua atas rekomendasi tim pelatih untuk menambah kekuatan di posisi kiper," kata Teddy dilansir situs resmi klub.

Hadirnya pemain 26 tahun tersebut diharapkan bisa membantu penampilan Persib lebih baik di musim depan.

Terlebih, sosoknya sebagai putra daerah cukup potensial untuk bersaing dengan penjaga gawang lainnya dengan 80 kali penyelamatan selama musim lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

David Rumakiek

Persib Bandung sebelumnya mengumumkan kedatangan Rumakiek. Bek asal Papua itu sepakat untuk membela Pangeran Biru dengan durasi kontrak lebih dari satu tahun.

Pemain kelahiran 18 Juli 1999 ini didatangkan memang untuk mengisi pos lini belakang. Posisi bek kiri memang sejauh ini memerlukan pemain tambahan setelah Ardi Idrus tak memperpanjang kontrak.

Perubahan di lini belakang ini menjadi satu di antara beberapa poin evaluasi tim pelatih dengan melihat performa tim di Liga 1 2021/2022. Evaluasi keseluruhan akan terus dilakukan untuk meningkatkan performa di musim baru.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono mengatakan David Rumakiek diharapkan bisa terus berkembang dan bersinar di Persib. Usia muda diharapkan bisa membuat David lebih terasah lagi setelah gabung dengan Persib.

"Kontrak 1+1. Proyeksi untuk posisi bek kiri, karena tidak banyak pemain yang mempunyai kemampuan dan dominan di kaki kiri," ucapnya seperti dikutip situs Persib.

3 dari 4 halaman

Ciro Alves

Sebelumnya, Persib juga umumkan rekrut Ciro Alves. Eks Persikabo 1973 itu gabung dengan kontrak dua tahun plus opsi perpanjangan satu musim.

"Ya, akhirnya saya bisa bergabung dengan Persb. Ini adalah salah satu klub terbesar di Indonesia dengan manajemen yang sangat baik dan punya suporter luar biasa. Saya sangat senang bisa bergabung dengan tim ini," kata Ciro.

Bersama Persib, Ciro akan mengenakan nomor punggung 77. Angka 7 adalah favoritnya dan dengan nomor punggung itu ia akan berjuang memberikan kontribusi maksimal terhadap tim Pangeran Biru. Targetnya adalah untuk membawa tim menjadi juara di Liga 1 musim depan.

"Saya memilih nomor punggung 77. Nomor favorit saya sebenarnya adalah 7. Tapi ada pemain lain yang sudah memakainya. Ini bukan masalah dan tidak akan memengaruhi penampilan. Saya akan tetap memberikan penampilan maksimal untuk PERSIB di setiap pertandingan," katanya.

4 dari 4 halaman

5 Muka Anyar

Total Persib sudah mendatangkan lima muka baru. Selain nama yang sudah disebut, Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto bergabung dari Persebaya Surabaya. Kehadiran mereka diharapkan membantu mengatasi kekurangan Persib setelah menjadi runner-up musim lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.