Sukses

Raffi Ahmad dan Sederet Pesohor Ikut Sukseskan FIBA Asia Cup 2022

Liputan6.com, Jakarta- Indonesia akan menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2022 atau Piala Asia Bola Basket 2022. Jelang 100 hari ajang paling bergengsi se-Asia itu, panitia mendapat dukungan dari sejumlah pesohor yang siap turut menyukseskan gelaran FIBA Asia Cup 2022. 

FIBA Asia Cup 2022 rencananya akan berlangsung di Istora Senayan mulai 16 Juli 2022. Semakin dekatnya pelaksanaan FIBA Asia Cup 2022, diadakan acara Ngobrol Bareng Anak Basket di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (1/4/2022) sore.

Pada kesempatan tersebut, sejumlah public figure dan influencer Tanah Air menyampaikan dukungannya terhadap penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2022. Pada pesohor yang hadir antara lain Raffi Ahmad, Udjo dan Yossi Project Pop, Asri Welas, Augie Fantinus, Erika Carlina, Andovi da Lopez, Rayi Putra, dan Rachel Vennya.

Raffi menyampaikan dukungan besar kepada panitia lokal FIBA Asia Cup 2022. Ayah Rafatar itu sangat antusias menantikan FIBA Asia Cup 2022. Raffi memang sedang bergairah dengan bola basket. Dia baru memiliki klinik basket yang ikut kompetisi IBL, Rans PIK Basketball. 

"Alhamdulillah setelah model, saya juga bisa punya klub sepak bola dan basket. Klub basket saya juga masuk playoff IBL. Semoga FIBA Asia Cup nanti bisa berjalan dengan baik dan membuat basket semarak," kata Raffi.

2 dari 5 halaman

Asri Welas

Sementara Asri Welas berharap FIBA Asia Cup 2022 bisa memberi efek domino pada perkembangan bola basket tanah air. Asri mengharapkan efek lanjutan dari FIBA Asia Cup 2022. "Mudah-mudahan FIBA Asia Cup akan membawa Indonesia mendunia," ujar sosok yang dikenal sebagai aktris, model, dan komedian ini.

Asri sendiri sejak lama menyukai basket. Namun ia semakin dekat dengan basket setelah kembali memainkannya bersama sejumlah sahabatnya. Ia mengaku mendapatkan kebahagiaan luar biasa setelah kembali bermain basket, meskipun hanya sepekan sekali setiap Sabtu.

Adapun aktris dan influencer Erika Carlina juga tak sabar menantikan FIBA Asia Cup 2022. Apalagi dia juga rutin bermain basket dan menyenanginya sejak kecil. "Terakhir kita jadi tuan rumah tahun 1993, saya baru lahir. Sekarang baru ada lagi, makanya saya excited banget," kata sosok bernama lengkap Erika Carlina Batlawa Soekri ini. 

3 dari 5 halaman

Erick Thohir

Acara Ngobrol Bareng Anak Basket ini juga dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan anggota FIBA Board Erick Thohir. 

Pada kesempatan tersebut Erick menyampaikan harapannya agar Indonesia bisa sukses berprestasi di FIBA Asia Cup agar dapat tampil di FIBA World Cup tahun depan.

 "Indonesia sudah terkenal punya pengalaman menggelar event-event kelas dunia, Asian Games, MotoGP, FIFA World Cup U-20. Saya kira untuk penyelenggaraan Indonesia tak masalah, sekarang yang kita harapkan prestasi timnasnya. Saya kira Perbasi sudah berusaha cukup keras dan serius mempersiapkan timnas terbaik," kata Erick.

Erick juga mengapresiasi langkah Perbasi mendatangkan pemain-pemain terbaik Indonesia dari seluruh dunia seperti Derrick Michael dan Marques Bolden. Perbasi juga mendatangkan pelatih fisik dan individual skill dari Amerika Serikat. 

"Di Asia Tenggara, Indonesia ada di posisi kedua. Bagaimana nanti mempersiapkan tim dengan baik agar bisa posisi di atas 10 besar Asia. Perbasi mempersiapkan timnas secara serius, sementara teman-teman selebritis memberikan dukungan," harap Erick.

 

4 dari 5 halaman

Menpora

Adapun Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan basket masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Ia mengatakan pemerintah memiliki program mencari talenta-talenta terbaik olahragawan, termasuk bola basket agar dididik menjadi pebasket kelas dunia.

"FIBA Asia Cup ini menjadi kesempatan bagi tim nasional kita untuk menuju FIBA World Cup nanti. Semua pihak harus sama-sama berjuang," kata Menpora Amali.

“Kami di Kemenpora terus mendukung dengan segala kemampuan yang ada untuk FIBA Asia Cup ini. Termasuk juga dukungan yang luar biasa dari Menteri BUMN,” ujar Menpora Amali.

 

5 dari 5 halaman

Penting

Sementara Ketua Panitia Pelaksana FIBA Asia Cup 2022 Junas Miradiarsyah berterima kasih atas dukungan public figure dan influencer ini. Menurut dia, peran mereka akan sangat penting untuk menggemakan hajatan besar bola basket di Tanah Air ini.

"Sebaik apa pun kita merancang acara tapi masyarakat kurang banyak yang tahu jadi percuma. Kehadiran dan dukungan public figure dan influencer ini tiga hari menjelang hitung mundur 100 hari FIBA Asia Cup 2022 kita harapkan menggaungkan event ini agar makin diketahui khalayak ramai. Dengan dukungan mereka, kami dari panitia semakin percaya diri untuk terus bekerja menghadirkan kejuaraan yang terbaik nanti," kata Junas.