Sukses

MotoGP Mandalika: 5 Wakil Indonesia di Moto3 dan Asia Talent Cup

Simak 5 wakil Indonesia yang akan tampil di ajang Moto3 dan Asia Talent Cup selama berlangsungnya MotoGP Mandalika.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memang tidak tampil di kelas utama MotoGP pada MotoGP Mandalika yang sudah mulai berlangsung Jumat (18/3/2022). Namun ada lima pembalap Indonesia yang akan meramaikan MotoGP Mandalika dengan mengikuti event lain.

Indonesia akan mengirimkan lima wakil yang tampil di Moto3 dan Asia Talent Cup. Kelas-kelas ini merupakan jenjang menuju MotoGP sehingga tetap berperan penting untuk perkembangan pembalap.

Terlebih Moto3 yang merupakan jenjang paling bawah menuju motoGP. Pembalap Afrika Selatan, Darryn Binder misalnya mampu langsung melompat ke MotoGP usai tampil di Moto3 musim lalu.

Siapa saja 5 wakil Indonesia yang turut meramaikan seri dua MotoGP 2022 di sirkuit Mandalika? Berikut daftarnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Mario Suryo Aji (Moto3)

Pembalap muda yang baru berusia 18 tahun ini merupakan salah satu pembalap yang sudah tampil di kasta ketiga dari MotoGP, yaitu Moto3. Sebelumnya, Mario Aji sudah menunjukkan kemampuannya di Sirkuit Losail pada MotoGP Qatar. Namun, dia belum bisa meraih podium bersama Honda Tim Asia. 

Mario Aji harus puas finis di urutan ke-19 dengan catatan waktu 28 menit 29.019 detik. Pada sesi latihan bebas yang dilangsungkan di Sirkuit Mandalika, Jumat (18/3/2022) ini, dia berhasil mencatatkan hasil yang baik pada sesi kedua dengan torehan 1 menit 42.336 detik. 

3 dari 7 halaman

2. Veda Ega Pratama (Asia Talent Cup)

Pembalap yang berusia 13 tahun ini sukses menarik perhatian publik, lantaran dia berhasil meraih podium saat tampil di Asia Talent Cup 2022 di Qatar.  Dia berhasil bersaing dengan pembalap asal Jepang (Amon Odaki) dan Qatar (Hamad Al-Sahouti)

Dengan adanya hasil ini, para penggemar menantikan penampilan Ega di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat. 

4 dari 7 halaman

3. Reykat Yusuf Fadhillah (Asia Talent Cup)

Pembalap muda asal Depok, Reykat Yusuf Fadhillah belum berhasil menunjukkan performa terbaiknya di Sirkuit Losail, Qatar. Pembalap muda ini masih belum bisa tembus podium dan hanya finis di urutan ke-8. 

Pada race keduanya, Reykat menurun dan hanya bisa finis di posisi ke-12 MotoGP 2022 Qatar. 

5 dari 7 halaman

4. Aan Riswanto (Asia Talent Cup)

Sama dengan Reykat, Aan Riswanto belum berhasil naik podium pada Asia Talent Cup 2022 di Sirkuit Losail, Qatar. Dia harus puas dengan menduduki posisi ke-14 ketika race kedua di Sirkuit Losail. 

Dia sempat mengalami crash pada race pertama di Sirkuit Losail dan memutuskan untuk tidak melanjutkan balapan. 

6 dari 7 halaman

5. Muhammad Diandra Trihardika (Asia Talent Cup)

Selanjutnya, terdapat nama Muhammad Diandra Trihardika yang akan memulai debutnya di MotoGP Mandalika 2022. Saat di Qatar dia hanya menduduki urutan ke-10 pada Asia Talent Cup 2022. 

Di race kedua, dia kembali melorot dan hanya dapat selesai di urutan ke-11. Nantinya dia akan bersaing dengan pembalap berusia di antara 13-15 lainnya.

Penulis: Jesslyn Koesman

7 dari 7 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.