Sukses

Jejak Arifin Panigoro di Dunia Olahraga: Piala Medco Hingga Liga Primer Indonesia

Pengusaha Arifin Panigoro meninggal dunia pada Senin (28/2/2022) dini hari WIB. Arifin meninggal di Amerika Serikat (AS) tepatnya di Mayo Clinic, Rochester, Minneapolis, Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta Pengusaha Arifin Panigoro meninggal dunia pada Senin (28/2/2022) dini hari WIB. Arifin meninggal di Amerika Serikat (AS) tepatnya di Mayo Clinic, Rochester, Minneapolis, Amerika Serikat.

Arifin Panigoro meninggal di usia 76 tahun. Sebagai pengusaha, ia diketahui berstatus sebagai pemilik Medco Energi.

Jejak Arifin tak hanya ada di dunia bisnis. Pada 1999 hingga 2004, Arifin pernah menjajal dunia politik dengan menjadi anggota DPR RI dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Di dunia olahraga, Arifin Panigoro juga menunjukkan minatnya pada sepak bola. Hal itu terbukti dari penyelenggaraan Piala Medco.

Arifin juga sempat menggagas Liga Primer Indonesia (LPI) pada tahun 2011. Ada 15 klub yang sempat mengikuti kompetisi tersebut.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Seumur Jagung

Sayangnya, kompetisi itu hanya seumur jagung. LPI dianggap ilegal oleh PSSI.

Kompetisi yang sempat diikuti Persebaya, Persema Malang, PSM Makassar, hingga Persibo Bojonegoro itu hanya berlangsung satu putaran. Klub-klub tersebut pun sempat berada di bawah ancaman PSSI.

3 dari 3 halaman

Ketua PSSI

Di sisi lain Arifin Panigoro juga sempat digadang-gadang sebagai calon ketua umum PSSI. Namun akhirnya Arifin tak jadi maju dan lebih memilih mendukung Djohar Arifin Husin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.