Sukses

Anthony Elanga Bisa Memperkuat Timnas di 3 Negara Berbeda, Apa Saja?

Penyerang Manchester United (MU), Anthony Elanga diketahui dapat memperkuat tim nasional sepak bola di tiga negara di dunia

Liputan6.com, Jakarta - Penyerang Manchester United (MU), Anthony Elanga, masih memiliki kesempatan untuk menentukan negara mana yang ingin ia bela di masa depan. Elanga tercatat bisa membela tiga negara besar sebagai pemain timnas senior.

Pemain berusia 19 tahun itu diketahui bisa membela satu timnas di Benua Afrika dan sisanya berada di Benua Biru. Di Benua Afrika Elanga bisa memperkuat Kamerun. Sedangkan di Eropa, Elanga bisa memperkuat Swedia dan Inggris.

Elanga sendiri sejatinya sudah memperkuat Timnas Swedia di dalam skuad kelompok umur. Ia tercatat telah bermain bersama Swedia U-17, U-19, dan U-21.

Faktor tempat kelahiran menjadi alasan utama Elanga dapat membela Swedia sejak 2018 lalu. Diketahui Elanga lahir di Kota Malmo, Swedia, pada 27 April 2002 silam.

Namun, karena Elanga belum pernah memperkuat tim senior Swedia, Elanga masih memiliki kesempatan untuk berpindah kewarganegaraan.

Mengingat, jika Elanga sudah membela Timnas Swedia di laga FIFA matchday, otomatis Elanga sudah tidak bisa membela Timnas Inggris maupun Timnas Kamerun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Alasan Elanga Bisa Memperkuat Timnas Inggris

Meski lahir di Swedia, Elanga masih memiliki kesempatan membela Timnas Inggris. Hal ini disebabkan karena dirinya pindah ke Negeri Ratu Elizabeth itu pada usia 12 tahun.

Ditambah bergabungnya Elanga bersama Setan Merah turut menjadi faktor tambahan lainnya. Sehingga, pintu untuk membela Timnas Inggris masih terbuka lebar bagi Elanga hingga detik ini.

3 dari 5 halaman

Dibujuk Timnas Kamerun

Melansir dari Sportbible, Timnas Kamerun tengah melakukan pendekatan terhadap Elanga. Skuad Indomitable Lions itu diketahui mendekati Elanga karena dirinya memiliki kemampuan mumpuni serta potensi besar.

Elanga sendiri dapat memperkuat Kamerun karena memiliki keturunan darah langsung. Ia diketahui mendapat keturunan darah Kamerun dari Sang Ayah, Joseph.

Selain itu, kemampuan olah bola Elanga juga diturunkan dari Sang Ayah. Sebab, Joseph dulunya adalah seorang pesepakbola profesional dan pernah berlaga di Piala Dunia 1998.

4 dari 5 halaman

Hampir Melakukan Debut Senior di Swedia

Sejatinya Elanga hampir melakukan debut senior perdananya bersama skuad utama Swedia bulan lalu. Namun, MU tidak memberi izin kepada Elanga waktu itu.

Disisi lain, pertandingan kontra Finlandia itu ternyata tidak jadi dihelat. Laga persahabatan tersebut diketahui batal digelar akibat COVID-19.

5 dari 5 halaman

Yakin Bela Swedia

Manajer Timnas Swedia, Stefan Pettersson, yakin Elanga akan tetap membela The Blagult. Pasalnya, hal itu telah menjadi impian Elanga sejak lama.

"Dia (Elanga) telah membela Timnas Swedia sejak lama. Dia telah memperkuat Timnas Swedia di kelompok umur dan sempat mempertanyakan kelanjutan pertandingan persahabatan," ujar Pettersson.

"Tentu, kami selalu menjaga hubungan baik. Dia tahu bahwa dirinya akan menjadi pilihan utama Swedia di masa depan. Disisi lain, Elanga juga sudah menunggu waktu lama untuk membela skuad senior."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.