Sukses

Putri Kusuma Wardani, Pemain Masa Depan Indonesia yang Sumbangkan Poin di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2022

Tunggal putri, Putri Kusuma Wardani yang menyumbangkan poin di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia pada saat melawan Kazakhstan (16/02/2022).

Liputan6.com, Jakarta- Tim putri Indonesia berhasil mengalahkan Kazakhstan di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2022 dengan skor 5-0. Para pemain muda tampil gemilang saat menjalani babak penyisihan grup Z di Setia Convention Centre, Selangor, Malaysia, Rabu (16/2/2022). 

Salah satunya, penampilan Putri Kusuma Wardani yang dianggap stabil dalam bermain. Pemain kelahiran 20 Juli 2002 ini berhasil menorehkan poin pertama untuk Indonesia setelah mengalahkan Aisha Zhumabek dengan skor 21-8, 21-7. 

Sebagaimana diketahui, nama Putri sudah tidak asing lagi pada sektor tunggal putri Indonesia. Perempuan yang baru menginjak usia 19 tahun ini memulai karir bulutangkisnya bersama dengan PB Exist Jakarta. Pada saat bergabung dengan PB Exist, Putri baru berusia 16 tahun. 

Pada tahun 2018, Putri bersama PB Exist berhasil memperoleh sejumlah gelar juara, salah satunya Superliga Junior 2018. Prestasinya juga sukses mengantarkan dia menjadi anggota tim bulu tangkis Indonesia pada Kejuaraan Bulutangkis Junior Asia 2018 dan Kejuaraan Dunia Junior BWF 2018. 

Setahun berselang, Putri berhasil membantu tim Indonesia mendapatkan Piala Suhandinata untuk pertama kali pada Kejuaraan Dunia Junior BWF 2019. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penampilan Putri Kusuma Wardani di Ajang Internasional

Pemain yang akrab disapa Putri KW juga mewakili Indonesia saat berlaga di Uber Cup 2020. Indonesia harus puas menjadi runner-up grup A Uber Cup 2020 setelah kalah telak 5-0. Tampil sebagai tunggal kedua, Putri tidak berhasil menyamai permainan dari tunggal senior Jepang Sayaka Takahashi. 

Putri kalah dengan dua gim langsung dari pemain ranking 15 dunia dengan skor 14-21 dan 19-21. Tak hanya itu, Putri juga menjadi salah satu perwakilan tunggal putri Indonesia yang diturunkan pada ajang kejuaraan internasional seperti Sudirman Cup 2021. 

Pada perebutan juara grup C Sudirman Cup 2021, penampilan Putri KW mencuri perhatian masyarakat Indonesia lantaran Putri tampil dengan pantang menyerah dan berani meladeni permainan lawan yang lebih berpengalaman tanpa menyerah. Namun, Putri harus mengakui keunggulan pemain Denmark Mia Blichfeldt dengan tiga gim. 

3 dari 3 halaman

Pertandingan Selanjutnya

Tim putri Indonesia akan menantang Korea pada ajang Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia 2020 pada Kamis (17/2/2022). Pada penyisihan grup Z, Putri Kusuma Wardani akan diturunkan pada partai ketiga melawan Lee Se Yeon. 

Selain itu, kapten tim putri Gregoria Mariska akan membuka pertandingan dengan menantang Sim Yu Jin. 

Penulis: Jesslyn Koesman

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.