Sukses

5 Pemain Top yang Tampil di Derby Milan dengan Seragam AC Milan dan Inter Milan

Simak nama-nama pemain top yang pernah merumput bersama AC Milan dan Inter Milan melalui artikel berikut!

Liputan6.com, Jakarta Liga Italia bakal segera menyambut Derby Della Madonnina yang menampilkan pertarungan AC Milan dan Inter Milan di Stadion San Siro pada Minggu (6/2/2022) dini hari WIB.

Inter Milan saat ini masih berada di puncak klasemen Serie A dengan torehan 53 poin usai meraih empat kemenangan dan satu hasil imbang dalam lima laga terakhirnya. Sementara itu, AC Milan harus puas bertengger di peringkat tiga dengan selisih tiga poin dari pemuncak.

Pertandingan pada dini hari nanti menjadi laga yang amat ditunggu oleh penggemar Serie A. Pasalnya, pertemuan Rossoneri dan Nerazzurri kerap kali tak hanya dilatarbelakangi oleh perebutan poin.

Rivalitas sebagai sesama klub Milan menjadi hal yang menambah intensitas dan tensi pertandingan kedua tim.

Pada derby musim lalu, ketegangan antara AC Milan dan Inter Milan bahkan seolah mencapai puncak lantaran adanya selebrasi provokatif dari Hakan Calhanoglu, yang baru saja membelot ke Nerazzurri.

Usai mencetak gol melalui titik putih penalti, Calhanoglu berlari ke depan pendukung Milan sembari meletakkan tangan di belakang telinga. Gol tersebut mengantar Inter bermain imbang 1–1 dengan pesaingnya.

Calhanoglu bukanlah satu-satunya pemain yang memutuskan hijrah ke klub rival. Sebelumnya, terdapat sejumlah pesepak bola lain yang pernah merumput dengan seragam AC Milan dan Inter Milan.

Simak nama-nama pemain top yang sempat bermain untuk kedua klub pada halaman selanjutnya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Zlatan Ibrahimovic

Inter pertama kali merekrut Zlatan Ibrahimovic pada 2006 usai dirinya hengkang dari Juventus. Bersama Nerazzurri, pemain asal Swedia ini tampil gemilang dengan meraih tiga Scudetto beruturt-turut, dari 2006 hingga 2009.

Ibrahimovic lantas dijual ke Barcelona pada 2009. Perselisihannya dengan Pep Guardiola membuat sang pemain bergabung dengan AC Milan sebagai pinjaman pada musim 2010/11.

Kesepakatannya berubah menjadi permanen semusim kemudian. Usai menjajal lapangan di Ligue1, Liga inggris, dan MLS, Ibrahimovic memutuskan untuk kembali ke AC Milan pada awal tahun 2020 hingga saat ini.

3 dari 6 halaman

2. Andrea Pirlo

Andrea Pirlo dikenal sebagai salah satu gelandang bertahan paling apik di kancah sepak bola Italia. Mengawali karier di Brescia, Pirlo hengkang ke Inter Milan pada 1998. Sayangnya, kariernya tak berjalan mulus bersama Nerazzurri.

Ia sempat dipinjamkan ke klub lain, yakni Reggina dan Brescia. Pemain asal Italia tersebut memutuskan hengkang pada 2001 dan bergabung dengan rival Inter, AC Milan.

Pirlo berhasil mencatatkan kemajuan pesat di bawah asuhan Carlo Ancelotti. Eks pemain Juventus ini juga sempat mengecap manisnya Scudetto dan trofi Liga Champions ketika masih berseragam Rossoneri.

4 dari 6 halaman

3. Ronaldo Nazario

Ronaldo bergabung dengan Inter Milan usai hengkang dari raksasa Catalan, Barcelona pada 1997. Nerazzurri rela membayar 19,5 juta poundsterling, sehingga membuat Ronaldo menjadi pemain termahal di dunia kala itu.

Tampil bersinar selama lima musim di Inter, Ronaldo sukses meraih penghargaan Ballon d’Or. Sayangnya, karier gemilang Ronaldo diganggu oleh badai cedera. Ia lantas memutuskan kembali ke Spanyol pada 2002 untuk memperkuat Real Madrid.

Lima tahun berselang, Ronaldo pulang ke Italia dan merumput bersama rival Inter, AC Milan. Periode keduanya di Italia tak berjalan lama. Eks pemain PSV itu angkat kaki dari Rossoneri dan melanjutkan karier di Corinthias.

5 dari 6 halaman

4. Hernan Crespo

Hernan Crespo merupakan mantan pesepak bola asal Argentina yang pernah menjalani karier sebagai penggawa Inter Milan dan AC Milan. Ia didatangkan ke Nerazzurri pada 2002 untuk menggantikan posisi Ronaldo, usai hengkang dari Lazio.

Bermain di Chelsea sejak 2003, Crespo sempat dipinjamkan ke AC Milan pada 2004. Ia menjadi bagian dari skuad Carlo Ancelotti kala Rossoneri melangkah ke final Liga Champions 2005.

Walau sukses mencetak dua gol bagi Milan, Crespo harus rela menelan kekalahan atas Liverpool di laga tersebut. Setelahnya, Crespo masih sempat mengenakan seragam Inter Milan selama tiga musim, yakni pada 2006 hingga 2009.

6 dari 6 halaman

5. Christian Vieri

Mirip Hernan Crespo, Christian Vieri mengawali kariernya di Derby Della Madonnina dengan bergabung bersama Inter Milan dari Lazio pada musim 1999/2000 melalui kesepakatan senilai 46,48 juta euro.

Merumput hingga 2005 di Nerazzurri, Christian Vieri sukses tampil gemilang dengan mencatatkan 122 gol dari total 190 pertandingan bersama Inter Milan.

Striker asal Italia tersebut memutuskan hijrah ke AC Milan, sesaat setelah hengkang dari Nerazzurri pada 2005. Sayangnya, Vieri hanya mampu bertahan sebentar di Milan, dengan mencetak dua gol dari total 14 penampilan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.