Sukses

Menpora Zainudin Amali: Indonesia Sedang Membangun Ekosistem Sepak Bola Nasional

Dengan membangun ekosistem sepak bola nasional, Menpora Zainudin Amali berharap Indonesia bisa membentuk timnas yang tangguh dan memperbaiki peringkat di FIFA.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan Timnas Indonesia di bawah pelatih Shin Tae-yong terus mendapat perhatian dari Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. Minggu (30/1/2022), menpora menyaksikan leg kedua alga persahabatan FIFA Macth Day Timnas Indonesia konta Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Kedatangan Menpora Zainudin Amali juga meninjau prokes pelaksanaan International A Friendly Match dan memastikan kesiapan stadion berkapasita 25.000 tempat duduk itu FIFA World Cup U-20 2023.

Menpora Amali menilai Timnas Indonesia saat ini adalah bagian dari untuk membangun ekosistem sepak bola nasional. Dengan tujuan membentuk timnas yang tangguh dan memperbaiki peringkat sepak bola nasional di FIFA.

"Yang sekarang kita lakukan adalah membangun ekosistem sepak bola nasional. Sesuai Inpres No.3/2019 tentang Percepatan Pembangunan Sepakbola Nasional," kata Menpora Amali seperti dikutip dari situs Kemenpora.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bertahap

Menurut Menpora Amali, Indonesia harus mendesain sepak bola nasional secara bertahap tetapi konsisten. Ke depan ada beberapa single dan multievent serta anak-anak yang menjadi tulang punggungnya.

"Kita harus desain ini bertahap, konsisten, dan ujungnya satu timnas yang tangguh serta peringkat di FIFA semakin bagus," harapnya.

3 dari 3 halaman

Terima kasih

Ketum PSSI Mochammad Iriawan ucapkan terima kasih kepada Menpora Amali yang telah datang menyaksikan leg kedua laga Timnas Indonesia vs Timor Leste. "Apresiasi dan terima kasih kepada Pak Menpora, tanpa beliau timnas tidak akan ada," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

"Di masa pandemi lalu tidak ada kompetisi, tidak ada sponsor. Kemudian pemerintah membantu seluruhnya, baik timnas dari umur 18, 20, 23 hingga timnas putri."

"Hari ini kita akan tanding leg kedua melawan Timor Leste. Alhamdulillah kita menang 4-1 di leg 1, dan leg 2 kita berhasil menang 3-0," pungkas Iriawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.