Sukses

Hasil Babak 2 Piala AFF 2020 Indonesia vs Singapura: 9 Pemain The Lions Paksa Garuda ke Perpanjangan Waktu

Indonesia masih ditahan imbang 2-2 Singapura pada leg 2 semifinal Piala AFF 2020

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia masih imbang 2-2 melawan Singapura di waktu normal pada leg 2 semifinal Piala AFF 2020. Dua gol tambahan terjadi di babak dua lewat Sulaiman dan Pratama Arhan.

Ricky Kambuaya mendapatkan peluang di menit ke-5 tapi tembakannya masih bisa diblok bek Singapura. Namun tembakannya menghasilkan tendangan sudut.

Ezra Walian berhasil cetak gol. Dia manfaatkan umpan dari Witan Sulaeman dengan cepat dan gol.

Tembakan Ricky Kambuaya melambung ke atas gawang usai manfaatkan umpan Asnawi Mangkualam di menit ke-16. Perubahan susunan pemain dari Shin Tae Yong menghasilkan sesuatu yang positif. Irfan Jaya yang biasa dimainkan kini di bangku cadangan dan Ramai Rumakiek jalankan tugas dengan baik.

Singapura membuka peluang juga di menit ke-21. Namun tembakan Amy Recha masih melambung ke atas gawang Nadeo Argawinata.

Formasi 4-2-3-1 yang diusung Indonesia berjalan cukup efektif. Rizky Ridho dan Fachrudin Aryanto jalankan tugas pertahanan dengan baik sehingga tak kebobolan hingga menit ke-32.

Indonesia menggebrak lewat Witan Sulaeman sehingga memaksa bek Singapura lakukan pelanggaran yang berujung tendangan bebas untuk Garuda. Ramai Rumakiek lepas tembakan lewat tendangan bebas tapi masih mengarah ke kiper Hasan Sunny di menit ke-37.

Witan Sulaeman kembali menginspirasi di menit ke-40. Namun pergerakannya masih bisa ditahan bek Singapura.

Menjelang babak pertama berakhir, serangan Indonesia makin gencar dan berhasil dapatkan dua kali tendangan sudut, tapi gagal berbuah gol.

Singapura mendapatkan peluang lewat tendangan bebas. Tapi tendangan bebas ini harus diulang karena bek Singapura Safwan Baharudin menyikut Rizky Ridho sehingga mendapatkan kartu kuning kedua dan diusir wasit.

Singapura mencetak gol lewat Song Ui Yong di injury times. Dia manfaatkan kemelut di pertahanan Indonesia.

Hingga pertandingan babak 1 selesai, skor 1-1 Indonesia melawan Singapura.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Dua

 

Babak kedua dimulai dengan permainan menyerang dari Indonesia. Namun peluang Indonesia belum berbuah gol, Singapura main dengan 10 pemain di babak dua.

Ezra Walian mencoba peruntungan di menit ke-50. Tapi tendangannya dari sisi kiri masih melambung ke atas gawang.

Meski dengan 10 pemain, Singapura mencoba lakukan serangan balik yang cetapat dan hasilkan tendangan bebas. Untung saja tendangan bebas Singapura masih bisa diantisipasi Nadeo.

Ezra Walian diganti Hanis Sagara di menit ke-54.

Indonesia membuka peluang lewat Rizky Ridho di menit ke-60. Namun tembakannya masih mengenai tiang.

Singapura memasukkan Ikhsan Fandi di menit ke-60. Dia gantikan Amy Reyhan. Dia langsung memberi pengaruh saat mencoba tendangan jarak jauh di menit ke-62.

Indonesia melakukan 3 pemain sekaligus. Elkan Baggott, Egy Maulana Vikri dan Irfan Jaya masuk untuk menambah serangan Indonesia di menit ke-65.

Irfan Jaya langsung membuat kerepotan Singapura. Irfan Fandi bek Singapura diusir wasit karena menjegal Irfan Jaya dengan tangan di menit ke-68.

Indonesia berpeluang lewat tendangan bebas di menit ke-69. Namun tembakan Irfan masih membentur pertahanan Singapura.

Singapura masih berani melakukan serangan meski bermain dengan 9 pemain. Masuknya Faris Ramli dan Ikhsan Fandi membuat perbedaan.

Singapura bahkan mencetak gol di menit ke-74 lewat Sulaiman dari tendangan bebas. Singapura unggul 2-1.

Sahdan Sulaiman kembali meneror gawang Indonesia saat tendangan bebas di menit ke-78. Untunglah Nadeo berhasil menepis tendangannya.

Hingga menit ke-83, Indonesia masih belum menciptakan peluang berarti. Indonesia seperti masih gugup meski unggul jumlah pemain.

Pratama Arhan akhirnya berhasil mencetak gol penyeimbang di menit ke-86. Skor pun berubah menjadi 2-2.

Pratama Arhan dinyatakan lakukan pelanggaran di menit ke-88 yang berbuah penalti. Meski mengenai bola, Singapura dapatkan penalti.

Faris Ramli gagal mencetak gol lewat penalti. Nadeo berhasil menepisnya.

Indonesia berhasil melakukan serangan balik cepat di menit injury times. Tapi tembakan Irfan Jaya masih bisa ditepis Hassan Sunny dan berbuah tendangan sudut.

Dua kali tendangan sudut gagal berbuah gol. Irfan Jaya pun punya peluang tapi masih melambung. Hingga babak dua berakhir skor tetap 2-2.

 

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

 

Indonesia (5-4-1): Nadeo; Asnawi Mangkualam, Alfeandra Dewangga, Aryanto, Rahmat Irianto, Pratama Arhan; Ramai Rumakiek/Irfan Jaya, Rizky Ridho/Elkan Baggot (65), Ricky Kambuaya/Egy Maulana, Witan Sulaeman; Ezra Walian/Sagara (54)

Singapura (5-4-1): Hassan Sunny; Suzliman, Irfan Fandi, Harun, Baharudin, Abdullah; Song Ui Young, H Syahin, Sulaiman, H Nor; Recha/Ikhsan Fandi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.