Sukses

Ronaldo Beli Klub yang Pernah Diperkuatnya

Liputan6.com, Jakarta Mantan penyerang ternama timnas Brasil, Ronaldo Nazario membuat gebrakan berusia 45 tahun tersebut baru saja membeli klub yang pernah membesarkan namanya, Cruzerio. 

Seperti dilansir dari AS, pemain yang pernah memperkuat Real Madrid itu membeli Cruzerio dengan bantuan pinjaman dari bank investasi Brasil, XP. Trransaksi yang dilakukan melalui perusahaan milik Ronaldo, Tara Sports diperkirakan mencapai angka 70 juta USD atau setara Rp1 Triliun lebih. 

Cruzerio merupakan klub yang bermarkas di Belo Horizonte. Ronaldo pernah bermain di sana saat masih remaja sebelum kemudian menjelma menjadi salah seorang penyerang terhebat di dunia. 

Ronaldo memperkuat Cruzerio pada tahun 1993-1994 dan mencatatkan 14 gol. Dari sana, dia kemudian melanglang buana ke berbagai klub elite dunia, seperti PSV, Real Madrid, Barcelona, hingga Inter Milan dan AC Milan. Sebelum pensiun, Ronaldo terakhir bermain untuk Corinthians. 

 

2 dari 3 halaman

Komentar Ronaldo

"Saya sangat senang bisa bergabung dengan operasi ini," ujar Ronaldo dalam rekaman video yang disebarkan presiden Cruzerio seperti dilansir dari AS. Dalam videi itu, Ronaldo juga tampak memegang kostum berwarna biru milik Cruzerio sembari melempar senyum di hadapan kamera. 

"Masih banyak pekerjaan yang harus kami lakukan. Belum ada yang perlu dirayakan saat ini, tapi kami membawa ambisi dan kerja keras untuk membawa Cruzerio berjaya kembali," beber Ronaldo. 

 

3 dari 3 halaman

Bukan Kali Pertama

Bukan kali ini saja Ronaldo membeli klub profesional. Pada tahun 2018 lalu, pemain terbaik FIFA 3 edisi itu juga pernah mengambil alih 51 persen kepemilikan saham klub Spanyol, Real Valladolid.

Sejauh ini belum ada rincian mengenai pembelian yang dilakukan Ronaldo terhadap Cruzerio. Namun Bank Investasi XP berharap kerjasama ini mampu memberi harapan baru kepada semua pihak. 

"Ini bagian dari upaya membantu industri sepak bola Brasil dengan profesionalisasi, kapitalisasi, dan membuka peluang baru," bunyi pernyataan resmi Bank XP.