Sukses

Cetak Sejarah, Alexia Putellas Pemain Pertama Spanyol Pemenang Ballon d'Or

Alexia Putellas menjadi pemain internasional Spanyol pertama yang memenangkan Ballon d'Or.

Liputan6.com, Jakarta - Alexia Putellas dari Barcelona menjadi pemain internasional Spanyol pertama yang memenangkan Ballon d'Or sejak 1960. Alexia Putellas dinobatkan sebagai pemain wanita terbaik di dunia.

Dilansir ESPN, Selasa (30/11/21) Putellas juga dinobatkan sebagai pemain wanita terbaik UEFA pada Agustus. Hal itu adalah pemenang Spanyol pertama sejak Luis Suarez pada 1960.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua rekan tim saya, semua rekan tim saya sepanjang karir saya dan yang saya miliki saat ini. Ini adalah hadiah individu tetapi sepak bola adalah olahraga tim." ungkap Alexia Putellas.

Rekan setimnya di Barca Jennifer Hermoso berada di tempat kedua sementara pemain Chelsea Sam Kerr terpilih sebagai ketiga. Setelah tahun pemecahan rekor, Barcelona memiliki lima pemain yang tak tertandingi di antara 20 finalis, dengan Jennifer Hermoso, Lieke Martens, Sandra Panos dan Irene Paredes juga dinominasikan untuk penghargaan tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alexia Putellas Pemain Bola Wanita

Putellas dianggap sebagai pemain luar biasa dari tim yang memenangkan Divisi Primera, Copa de la Reina dan Liga Champions untuk pertama kalinya, mengalahkan Chelsea 4-0 di final.

Wanita berusia 27 tahun itu, mencetak 26 gol musim lalu saat Barca meraih Treble dan dia melanjutkan performa bagusnya di musim ini, mencetak 14 gol dalam 13 penampilan.

3 dari 4 halaman

Karir Alexia Putellas

Setelah menghabiskan satu tahun di akademi muda Barca ketika dia masih muda, Putellas menghabiskan tahun-tahun formatifnya di Espanyol, menembus tim utama pada usia 16 tahun sebelum menandatangani kontrak dengan Levante pada usia 17 tahun. Pada 2012, saat berusia 18 tahun, ia kembali ke Barca.

Dia telah membuat hampir 400 penampilan untuk klub dan, setelah kepergian Vicky Losada ke Manchester City, baru-baru ini ditunjuk sebagai kapten tim utama yang baru.

 

Penulis: Alicia Salsabila

4 dari 4 halaman

Infografis Serba-Serbi Pesta Sepak Bola Euro 2021

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.