Sukses

Mengenal Olahraga Bola Tangan, Yuk Pelajari Dulu Teknik Dasar dan Cara Permainannya

Permainan bola tangan sudah berkembang pesat. Kini, bola tangan sudah termasuk dalam salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di olimpiade.

Liputan6.com, Jakarta Dalam permainan bola besar ada salah satu olah raga yang disebut bola tangan atau handball. Memang selama ini masyarakat lebih akrab dengan sepak bola, bola voli atau basket.

Padahal, olah raga ini sebetulnya mirip sepak bola. Tapi, bedanya pemain memainkan bola hanya boleh dengan tangan, bukan kaki. Mereka mengoper bola menggunakan tangan ke sesama anggota untuk memasukkan ke gawang lawan sebanyak mungkin.

Lapangan bola tangan memiliki ukuran panjang 90-100 meter dan lebar 55-65 meter. Sementara itu bola yang digunakan ukurannya berbeda antara putra dan putri.

Bola untuk tim putra memiliki berat 425-475 gram, sedangkan putri 325-400 gram. Diameter bola juga berbeda. Bola tangan untuk tim putra kelilingnya lebih besar, yaitu antara 58-60 cm. Sementara untuk putri, keliling bola yang digunakan adalah 54-56 cm.

Bola tangan biasanya dimainkan dua tim masing-masing berisi tujuh orang. Enam orang adalah pemain yang akan bergerak bebas di lapangan dan satu orang sisanya bertindak sebagai kiper

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Teknik Bermain

Sebelum bermain, ada beberapa teknik dasar yang harus dipelajari, seperti cara melempar bola. Caranya bisa satu tangan di atas kepala, dua tangan di depan dada, hingga dua tangan dari atas kepala.

Kemudian, menggiring dalam permainan bola tangan dapat dilakukan dengan satu atau dua tangan. Bola bisa dipantulkan ke lapangan permainan (dribble) maupun di bawa sebanyak tiga langkah.

Lay up adalah teknik menaikkan bola dengan tujuan mendekati gawang lawan. Gerakan ini sangat efektif untuk mendahului shooting alias usaha untuk memasukkan bola ke gawang lawan. Saat melakukan gerakan menembak, seorang pemain bola tangan harus mengarahkan semua kekuatannya ke arah tangan.

3 dari 5 halaman

Jenis Permainan

Boa tangan dibagi tiga jenis permainan. Pertama outdoor handball. Permainan bola tangan ini dimainkan oleh 11 pemain di lapangan terbuka.

Kemudian Indoor handball. Permainan bola tangan ini dimainkan oleh 7 pemain di lapangan tertutup. Selanjutnya, permainan bola tangan gabungan, dimainkan di lapangan terbuka, tetapi menggunakan peraturan indoor handball.

4 dari 5 halaman

Lama Permainan

Setiap tim bisa menyediakan tujuh pemain cadangan dalam satu kali permainan. Sebuah tim bisa mengganti pemainnya secara langsung selama permainan berlangsung tanpa perlu memberi tahu wasit.

Bola tangan dimainkan dalam dua babak. Masing-masing babak berlangsung selama 30 menit, dengan waktu istirahat antarbabak selama 15 menit.

5 dari 5 halaman

Peraturan

Selama permainan bola tangan berlangsung, para pemain (kecuali kiper) bisa menyentuh bola dengan semua anggota tubuh dari pinggang ke atas. Dia boleh mengoper, menggiring, ataupun menembakkan bola ke gawang

Saat pemain memilih untuk mempertahankan bola di genggamannya, dia boleh menggiring bola sejauh tiga langkah atau membawanya tanpa dribble selama tiga detik.

Hanya kiper yang boleh berkontak dengan lantai di area gawang. Dia juga boleh keluar area gawang. Namun, jika berada di luar area gawang tidak boleh memegang bola

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.