Sukses

Stadion San Siro Bakal Direnovasi dengan Biaya Rp16,5 Triliun

Markas AC Milan dan Inter Milan, Stadion San Siro kabarnya bakal direnovasi hingga menghabiskan dana mencapai Rp16,5 triliun

Liputan6.com, Jakarta Desain akhir untuk renovasi Stadion San Siro telah diputuskan. Rencana renovasi tersebut kabarnya bakal menghabiskan dana mencapai 1 miliar Euro atau setara dengan kurang lebih Rp16,5 triliun.

Laporan Corriere della Sera menyebutkan bahwa Populous–perusahaan jasa arsitektur yang menangani peremajaan San Siro–akan segera mencetak desain baru stadion yang terinspirasi dari Katedral Duomo.

Populous sejatinya bukan satu-satunya perusahaan yang mengusulkan desain untuk renovasi San Siro. Melansir SportBible, pesaing mereka Manica/Sportium juga telah menyiapkan proyek bertajuk “Rings of Manica”.

Akan tetapi, pertemuan dengan desainer Populous diklaim telah lebih dulu direncanakan oleh pihak klub sehingga perusahaan tersebut selangkah lagi bakal mencetak desain wajah baru Stadion San Siro.

Selanjutnya, kecepatan proses renovasi San Siro masih akan bergantung pada persetujuan dewan. Meski demikian, proyek tersebut diharapkan bisa selesai pada 2026 sehingga AC Milan dan Inter Milan dapat segera kembali bermain di stadion tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tempat Pertandingan Hebat

Dikutip dari SportBible, Stadio Giuseppe Meazza yang dibangun pada 1925 terkenal sebagai perhelatan berbagai pertandingan hebat sepanjang masa, mulai dari final Liga Champions, hingga sejumlah pertandingan di Piala Dunia 1990.

Stadion penuh sejarah ini juga telah menjadi markas bagi AC Milan dan Inter Milan sejak 1947. Adapun, Inter sempat bermain di Arena Civica sebelum Milan menjual kembali Stadio Giuseppe Meazza ke pihak kota.

3 dari 3 halaman

Dibangun di Lokasi yang Sama

Wajah baru San Siro kabarnya dibangun di lokasi yang sama dan akan ramah lingkungan. Stadion tersebut juga bakal memiliki ruang untuk olahraga dan rekreasi, termasuk lintasan lari, jalur sepeda, gym luar ruangan, taman skateboard, hingga museum olahraga.

"FC Internazionale Milano dan AC Milan percaya sangat penting untuk memulai proyek yang mewakili lebih dari satu miliar euro investasi swasta, menghasilkan ribuan pekerjaan baru serta menjadi landasan bagi perkembangan masa depan kota Milan dan sepak bola Italia," bunyi pernyataan resmi kedua klub seperti dilansir dari SportBible.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.