Sukses

Jelang Pembukaan, Gaung PON XX Papua 2021 Terasa Sampai Jakarta

KONI, PWI, Siwo, Kemenpora dan Kominfo juga menyediakan media center PON XX Papua di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta- Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua 2021 akan resmi dibuka pada esok hari, Sabtu (2/10/2021). Gaung PON 2921 semakin terasa di seantero Papua hingga Jakarta.

Pembukaan PON Papua akan dilakukan di Stadion Lukas Enembe. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dijadwalkan hadir langsung membuka ajang empat tahunan ini.

Persiapan upacara pembukaan sudah rampung. Para atlet, pejabat dan wartawan yang akan terlibat di PON XX juga sudah mulai berdatangan di Papua.

Untuk melancarkan dan menggaungkan PON Papua, panitia pelaksana juga memperhatikan soal Media Center yang akan jadi tempat bermarkasnya awak media. Panpel menyiapkan akses internet cepat untuk memudahkan kerja awak media dalam menyiarkan berita PON XX.

Menariknya, Media Center PON XX Papua tak hanya ada di Papua saja, tapi juga ada di Jakarta. Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat berkerjasama dengan Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) Pusat, Sportbloc, Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat membuka Media Center di Jakarta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

JCC

Lokasi Media Center PON XX Jakarta ada di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Media Center ini diharapkan dapat turut mendukung suksesnya pelaksanaan PON 2021 Papua.

Media Center PON di Jakarta resmi dibuka pada Jumat (1/10/2021) atau sehari sebelum PON Papua resmi dimulai. Keberadaan media center PON XX Jakarta ini diharapkan bisa memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan terkait PON Papua bagi awak media yang tak berangkat ke Papua.

"Saya berharap komunikasi media center yang di Jakarta dengan media center Kominfo yang ada di tiga wilayah di Papua ini bisa berjalan dengan baik. Sehingga, rekan-rekan media yang tidak datang, kebutuhan informasinya bisa terpenuhi," ujar Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman secara daring dari Papua.

Keberadaan Media Center PON XX Jakarta ini pun didukung oleh pemerintah, dalam hal ini Kominfo. Dengan adanya Media Center di Jakarta, kemeriahan PON diharapkan dapat cepat disampaikan ke publik.

"Prinsipnya, kami (Kominfo), KONI, PB PON, serta pemerintah daerah berusaha sekuat tenaga memenuhi kebutuhan informasi rekan-rekan media di seluruh Indonesia. Media Center di Jakarta ini merupakan bagian dari sarana yang disediakan untuk mendukung peliputan PON di Papua, agar bisa dinikmati, dibaca, diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Keminfo, Usman Kansong.

3 dari 3 halaman

Terhubung

Media Center PON XX Jakarta ini akan berhubungan langsung dengan media center PB PON yang ada di Kota Jayapura, tepatnya di Kantor Gubenur. Juga bersinergi dengan media center Kominfo yang ada di tiga lokasi, yakni di Kab. Jayapura di Sentani, Kab. Mimika, dan Kab. Marauke.

"Sekali lagi pemerintah menyediakan seluas-luasnya sarana peliputan bagi media. Harapannya penyelenggaraan dan kelancaran PON bisa berjalan bagus lewat peliputan yang positif, kondusif, dan kritis," tambahnya.

Ketua PWI Pusat Atal S. Depari menambahkan bahwa Media Center kerjasama dengan Sportbloc dibuat untuk mendukung penyebaran informasi lebih luas terkait dengan prestasi olahraga nasional, sebagai backup informasi.

"Informasi jadi bisa tersampaikan lebih cepat dan tepat ke masyarakat. Ujungnya, ini bisa memotivasi KONI Pusat melahirkan PON berprestasi di Papua, " tukasnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.