Sukses

Alasan Agama, Bintang NBA Ogah di Vaksin Covid-19

Liputan6.com, Jakarta- Penolakan disuntik vaksin Covid-19 ternyata juga banyak terjadi di Amerika Serikat. Bahkan ada beberapa bintang NBA yang ogah divaksin. Salah satunya adalah small forward Andrew Wiggins dari Golden State Warriors.

NBA memang belum mewajibkan pemainnya harus disuntik vaksin Covid-19. Baru sebatas staf pertandingan dan tim pelatih yang diwajibkan sudah mendapat vaksin Covid-19 jelang musim baru.

Namun ada beberapa klub yang pemainnya wajib di vaksin Covid-19 menyesuaikan dengan peraturan daerah klub berasal. Beberapa negara bagian di Amerika ada yang mewajibkan setiap individu yang mau menghadiri acara indoor skala besar sudah harus divaksin Covid-19.

Salah satunya adalah San Francisco tempat Warriors bermarkas. Warriors kini dibikin pusing karena Wiggins ogah disuntik vaksin Covid-19.

Wiggins beralasan tak mau divaksin karena masalah agama. Wiggins bahkan sudah membuat pengajuan resmi kepada NBA agar diperbolehkan tidak divaksin Covid-19. Eks pemain Minnesota Timberwolves itu berharap mendapat lampu hijau dari NBA untuk alasan pengecualian agama agar tak perlu di vaksin Covid-19.

2 dari 4 halaman

Ditolak

Permintaan Wiggins untuk tak divaksin Covid-19 untuk pengecualian agama sudah ditolak oleh NBA. Lewat media sosial Twitter, NBA menegaskan Wiggins takkan diizinkan main di laga kandang Warriors bila belum divaksin.

Meski permintaan ditolak NBA, Wiggins nampaknya masih bersikeras tak mau divaksin Covid-19. Dalam sesi wawancara media, Senin (27/9/2021), Wiggins secara tersirat masih menolak vaksin Covid-19.

"Apa yang tepat untuk satu orang tidak tepat untuk orang lain. Itu bukan urusanmu. Saya tidak bertanya kepada kalian apa yang Anda yakini benar atau salah," kata Wiggins seperti dikutip dari Yahoo Sports.

Bila ngotot tak di vaksin sehingga tak bisa main di laga kandang Warriors, Wiggins bisa kehilangan gaji jutaan dolar Amerika. 

3 dari 4 halaman

Beal

Tak hanya Wiggins, ada beberapa bintang NBA lain yang juga menolak di vaksin Covid-19. Seperti Bradley Beal (Washington Wizards) dan Kyrie Irving (Brooklyn Nets).

Beal sudah secara terbuka menyatakan tidak mau di vaksin Covid-19. Alasannya tak dijelaskan secara gamblang. Beal mengaku hanya masalah pribadi.

Padahal Beal sendiri sempat positif Covid-19. Akibatnya dia batal ikut membela timnas basket Amerika Serikat di Olimpiade Tokyo musim panas lalu.

4 dari 4 halaman

Irving

Adapun Irving belum secara gamblang menyatakan kepada publik tak mau di vaksin Covid-19. Pada beberapa kesempatan Irving selalu menolak membahas status apakah dirinya sudah divaksin Covid-19.

Akan tetapi Irving diduga memang belum di vaksin. Pasalnya Irving harus menghadiri sesi media yang digelar Nets pada awal pekan ini secara virtual karena terganjal peraturan regulasi kesehatan Covid-19.

Situasi ini memperkuat dugaan bila Irving memang juga menolak untuk divaksin seperti Wiggins dan Beal. Pasalnya New York juga termasuk salah satu wilayah di Amerika yang mewajibkan vaksin Covid-19 bagi mereka yang mau menghadiri acara indoor berskala besar.