Sukses

Trofi Piala Sudirman Cup 2021 Terbuat dari Perak Berlapis Emas, Saksikan Pertandingannya di Vidio

Liputan6.com, Jakarta  Sudirman Cup 2021 bakal digelar sebentar lagi mulai 26 September 2021 – 3 Oktober 2021. Tim Badminton Indonesia siap merebut supremasi kembali di kancah Sudirman Cup.

Setelah event Olimpiade Tokyo 2020 dan Paralimpiade Tokyo 2020 selesai, Greysia Polii, Apriyani Rahayu, Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan, Anthony Sinisuka Ginting, dan 14 atlet Indonesia lain akan kembali berjuang memperebutkan kemenangan di Sudirman Cup 2021.

Sudirman Cup pada tahun ini diselenggarakan di Vantaa, Finlandia. Tim Indonesia pun sudah tiba sejak Kamis, 23 September hari ini.

Pertandingan badminton berergu yang bergensi ini akan disiarkan langsung oleh OTT layanan Vidio sebagai official broadcaster resmi streaming online. Vidio akan menayangkan aksi 20 atlet Indonesia dan negara-negara yang mengikuti ajang tersebut berjuang di kancah Internasional.

Live streaming Sudirman Cup 2021 tersedia di Vidio.com melalui website resmi atau bisa menonton melalui aplikasi Vidio. Anda bisa unduh terlebih dahulu, aplikasi Vidio lewat Playstore atau Appstore.

2 dari 3 halaman

Sejarah Trofi Piala Sudirman Cup 2021

Indonesia menjadi penggagas pertandingan bulu tangkis Piala Sudirman Cup. Kompetisi bulutangkis ini didirikan oleh Indonesia untuk mengenang jasa bapak bulu tangkis Indonesia yakni Dick Sudirman.

Dick Sudirman merupakan seorang pemain dan tokoh bulu tangkis Indonesia. Dia dikenal sebagai satu pendiri PBSI selama 22 tahun yaitu dari 1952-1963 dan 1967-1981. dan pernah menjabat sebagai wakil presiden Federasi Bulutangkis Internasional pada 1975.

Sudirman lahir di Pematang Siantar, Sumatera Utara pada 19 April 1922, memiliki jasa kontribusi bagi PBSI namun juga Konfederasi Bulutangkis Asia (BAC) dan Federasi Bulutangkis Internasional (IBF).

Banyak kontribusi yang Dick Sudirman lakukan semasa ia hidup. Salah satu teman Sudirman, wakil ketua PBSI saat itu Suharso Suhandinata menulis surat kepada Presiden IBF Arthur Jones untuk mengenang jasa kontribusi Sudirman di bulutangkis.

Akhirnya surat tersebut disetujui sehingga terbentuklah kompetisi Piala Sudirman setiap 2 tahun sekali.

3 dari 3 halaman

Trofi Piala Sudirman

Dilansir dari PB DJarum dan BWF, Piala Sudirman Cup ini terbuat dari perak padat berlapis emas 22 karat, berdiri setinggi 80 cm, beralas kayu jati terbaik yang berbentuk segi delapan. Segi delapan melambangkan delapan arah mata angin.

Badan cangkirnya berbentuk seperti shuttlecock sebagai tanda cabang olahraga bulutangkis, sedangkan tutupnya dirancang berbentuk replika Candi Borobudur Indonesia yang terkenal di dunia.

Kemudian gagangnya berbentuk seperti benang sari, melambangkan benih bulutangkis. Terdapat juga ornament daun sirih sebagai tanda selamat datang.

Kemudian di bagian bawah terdapat tulisan berbahasa inggris dengan nama Indonesia tercantum.

"Presented to the International Badminton Federation by Badminton Association of Indonesia. Jakarta, May 1989" sebagai bukti bahwa piala ini berasal dari PBSI.

Alas pada piala Sudriman Cup digunakan untuk mengukir negara-negara yang memenangkan Piala Sudirman pada tiap penyelenggaraannya.

Trofi Sudirman Cup dibuat oleh Perusahaan Masterix Bandung dengan biaya USD 15.000 saat diserahkan kepada Federasi Bulu Tangkis Internasional pada Mei 1989.

Dukung perjuangan 20 atlet Indonesia di kancah Internasional, nonton Live streaming Sudirman Cup 2021 melalui Vidio.com mulai 26 September – 3 Oktober 2021.

Penulis : Aulia (Vidio)