Sukses

Tandang ke Hungaria, Bintang Timnas Inggris Dapat Cemoohan Rasis

Kejadian tak mengenakan terjadi saat Inggris bertamu ke Budapest untuk meladeni Hungaria dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. Suporter tuan rumah tertangkap kamera berperilaku rasis kepada para pemain Tim Tiga Singa -julukan Inggris.

Liputan6.com, Budapest - Kejadian tak mengenakan terjadi saat Inggris bertamu ke Budapest untuk meladeni Hungaria dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. Suporter tuan rumah tertangkap kamera berperilaku rasis kepada para pemain Tim Tiga Singa -julukan Inggris.

Dilansir Sky Sports, gestur rasis dan cemoohan sudah diperlihatkan suporter Hungaria bahkan sebelum pertandingan dimulai. Beberapa dari mereka terlihat meniru suara monyet dan mencemooh pemain Inggris seperti Raheem Sterling.

"Saya melihat empat orang secara spesifik terlibat dalam cemoohan rasis. Yang paling baru terlihat tertuju kepada Jude Bellingham ketika dia sedang melakukan pemanasan di dekat suporter Hungaria," kata reporter Sky Rob Dorsett.

Inggris menang 4-0 pada pertandingan yang berlangsung, Kamis (2/9/2021) dinihari WIB. Gol pembuka Inggris dicetak Sterling (55'), disusul Harry Kane (63'), Harry Maguire (69'), dan Declan Rice (87').

Berkat kemenangan ini, Inggris menjaga catatan sempurna mereka di grup I. Dari empat pertandingan, Inggris memenangi semuanya dan menorehkan 12 poin.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Southgate

Sementara itu, pelatih Inggris ikut angkat bicara soal cemoohan rasis kepada para pemainnya. Southgate mengaku tak menyadari hal tersebut.

Akan tetapi ia menegaskan, Inggris akan terus melawan rasisme di sepak bola. "Kami tidak menyadarinya. Saya tidak tahu apakah pemain juga demikian," kata Southgate.

"Tetapi semua orang tahu, apa yang kami lawan sejak dua atau tiga tahun lalu. Kami harap terus menghilangkan rasisme bukan hanya di sepak bola melainkan secara umum," ujarnya mengakhiri.

3 dari 3 halaman

Klasemen Grup I Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa

1. Inggris: 12 poin

2. Polandia: 7 poin

3. Hungaria: 7 poin

4. Albania: 6 poin

5. Andorra: 3 poin

6. San Marino: 0 poin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.