Sukses

Motif Unik dan Menarik, Intip Desain Medali Paralimpiade Tokyo 2020

Saksikan aksi atlet-atlet Indonesia yang bertanding mulai 24 Agustus 2021, anda dapat menonton link live streaming Paralimpiade Tokyo 2020 melalui Vidio.com ekslusif Champions TV.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang pertandingan Paralimpiade Tokyo 2020, ada fakta penting yang perlu diketahui, yakni Medali untuk para atlet yang berhasil juara.

Desain medali Paralimpiade Tokyo 2020 mirip dengan medali Olimpiade Tokyo 2020 yang dirilis resmi Juli 2021.

Medali Paralimpiade Tokyo 2020 berjumlah 15.000. Dari total tersebut, sekitar 5.000 medali emas, perak, dan perunggu.

Medali paralimpiade Tokyo 2020 telah diproduksi untuk Olimpiade, dengan tulisan "Tokyo 2020" yang ditulis dalam huruf Braille.

Seperti medali Olimpiade Tokyo 2020, medali tersebut terbuat dari logam daur ulang yang diekstraksi dari barang elektronik konsumen yang disumbangkan oleh orang-orang di Jepang.

Dilansir dari sumber runners world, Presiden Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 Yoshiro Mori mengatakan kota Tokyo mencatatkan sejarah baru menjadi tuan rumah dua event yakni Olimpiade Tokyo 2020 dan Paralimpiade Tokyo 2020.

"Saya sangat bersyukur bisa ikut serta dalam Olimpiade bersejarah ini sebagai desainer. Saya berharap medali ini membawa atlet dan orang-orang disekitar mereka lebih dekat bersama dan menggerakan angin baru yang segar di hati mereka," kata Yoshiro Mori selaku Presiden Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Desain Medali Paralimpiade Tokyo 2020

Pada desain medali Paralimpiade Tokyo 2020 tergambar motif kipas tradisional Jepang. Kipas itu menggambarkan Paralympics Games sebagai sumber angin segar yang menyegarkan dunia, serta pengalaman bersama yang menghubungkan hati dan pikiran beragam.

Desain medali ini karena mewakili atlet yang menyatukan orang tanpa memandang kebangsaan atau etnis mereka.

Motif pada daun kipas menggambarkan vitalitas hati masyarakat dan melambangkan lingkungan alam Jepang yang menawan dan memberi kehidupan dalam bentuk batu, bunga, kayu, daun, serta air.

Permukaan dibuat dengan sedikit perbedaan ketebalan dan setiap elemen alami digambarkan dengan perlakuan yang berbeda, memberikan nuansa yang unik.

Desain bagian depan dan belakang medali dipilih sebagai entri pemenang kompetisi desain medali Olimpiade Tokyo 2020. Sesuai dengan peraturan IPC, medali Paralimpiade Tokyo 2020 akan menampilkan tulisan “Tokyo 2020” dalam huruf braille di sisi depan medali.

Selanjutnya, serangkaian lekukan melingkar di sisi medali (satu untuk emas, dua untuk perak, tiga untuk perunggu) membuat jenis medali mudah dibedakan dengan sentuhan.

Medali Paralimpiade Tokyo 2020 menjadi ajang pertama kalinya dalam sejarah Paralimpiade ketentuan dibuat untuk atlet yang gangguan penglihatan.

Saksikan aksi atlet-atlet Indonesia yang bertanding mulai 24 Agustus 2021, anda dapat menonton link live streaming Paralimpiade Tokyo 2020 melalui Vidio.com ekslusif Champions TV.

Penulis : AULIA (VIDIO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.