Sukses

Kasus Covid-19 Pertama di Kampung Atlet Olimpiade Tokyo 2020

Kampung Atlet menjadi tempat ribuan atlet dan ofisial tinggal selama Olimpiade 2020.

Liputan6.com, Tokyo - Panitia Penyelenggaraan Olimpiade Tokyo (TOCOG) melaporkan temuan kasus Covid-19 pertama di Kampung Atlet, kurang dari sepekan sebelum event dimulai pada 23 Juli mendatang.

"Ada satu orang positif Covid-19 di Kampung Atlet. Ini adalah kasus pertama di sana yang dilaporkan selama tes skrining," kata juru bicara TOCOG Masa Takaya dikutip AFP, Sabtu (17/7/2021).

Kampung Atlet menjadi tempat ribuan atlet dan ofisial tinggal selama Olimpiade 2020. Orang tersebut, yang identitasnya dirahasiakan, telah dipindahkan dan menjalani karantina di hotel.

Ketua Komite TOCOG Seiko Hashimoto mengatakan pihaknya akan berupaya keras mencegah risiko penularan virus selama Olimpiade berlangsung pada 23 Juli- 8 Agustus.

“Kami melakukan segalanya demi mencegah penularan pandemi Covid-19. Jika tetap terjadi, kami sudah mempunyai rencana untuk menghadapi," katanya.

 

Saksikan Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Antisipasi Panitia

Pada Olimpiade yang ditunda satu tahun karena pandemi, penyelenggara menerapkan langkah ketat untuk menghindari infeksi virus corona di Kampung Atlet.

Seperti seluruh kontingen diwajibkan melakukan tes saliva setiap hari, membatasi interaksi dengan atlet dari negara lain, serta tidak makan di tempat umum dan latihan di tempat latihan selama tiga hari pertama.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.