Sukses

Ada Saina Nehwal hingga Neymar, Ini 5 Atlet Top Dunia yang Absen di Olimpiade Tokyo

Karena berbagai alasan, sejumlah atlet top dunia dari berbagai cabang olahraga dipastikan tak dapat berlaga di Olimpiade Tokyo 2020

Liputan6.com, Jakarta Olimpiade Tokyo dijadwalkan akan terlaksana pada 23 Juli hingga 8 Agustus mendatang. Namun, keadaan darurat COVID-19 mendorong pihak penyelenggara untuk tidak mengizinkan penonton hadir di lokasi pertandingan. 

India jadi negara dengan perwakilan atlet terbanyak di Olimpiade kali ini. Tercatat 119 atlet asal India akan bersiap memperebutkan 85 medali di Olimpiade Tokyo 2020. Meski demikian, terdapat pula sejumlah atlet yang dipastikan akan absen dari kejuaraan tersebut.

Sebelumnya, atlet tenis asal Inggris Dan Evans dan Johanna Konta juga resmi mengundurkan diri dari kejuaraan yang digelar empat tahun sekali tersebut. Keduanya terpaksa absen akibat terpapar COVID-19.

Selain dua atlet di atas, terdapat pula sejumlah atlet top dunia lain yang tak ikut berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. Beberapa di antaranya mundur karena kondisi fisik dan cedera yang dialami.

Berikut merupakan lima atlet top dunia dari berbagai cabang olahraga yang tidak akan berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Saina Nehwal

Peraih medali pertama India untuk cabang olahraga bulu tangkis, Saina Nehwal, dipastikan tidak ikut serta dalam Olimpiade Tokyo 2020.

Sebelumnya, Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) memutuskan untuk mengurangi jendela kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 di tengah pandemi COVID-19. Akibatnya, tak ada turnamen tambahan yang dapat dijadikan ajang pengumpulan poin bagi para pemain meski, Malaysia dan Singapore Open batal dilaksanakan.

Kondisi tersebut berdampak pula pada gagalnya Saina Nehwal untuk mengamankan posisi di Olimpiade. Selain Saina, tunggal putri peringkat 3 dunia asal Spanyol, Carolina Marin, juga dikonfirmasi tak akan berlaga di kejuaraan tersebut.

3 dari 6 halaman

2. Roger Federer

Atlet tenis profesional Swiss Roger Federer jadi salah satu bintang yang tidak ikut berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. Hal ini terjadi menyusul kondisi fisik Federer pasca menelan kekalahan di babak perempat final kejuaraan Wimbledon 2021.

Petenis berusia 39 tahun tersebut mengaku dirinya telah mengundurkan diri dari Olimpiade musim panas akibat cedera lutut yang dialaminya. Dengan demikian, Roger Federer menambah panjang daftar petenis yang absen dari Olimpiade Tokyo 2020.

4 dari 6 halaman

3. Rafael Nadal

Setelah sempat kalah telak dari Novak Djokovic di semifinal French Open 2021, Rafael Nadal mengumumkan ketidaksertaannya dalam kejuaraan Wimbledon dan Olimpiade Tokyo 2020. Keputusan tersebut diambilnya dalam rangka menjaga kondisi dan memperpanjang kariernya di dunia tenis.

Nadal dikenal sebagai peraih medali emas di Olimpiade 2008 dan 2016. Hingga kini, pertenis asal Spanyol tersebut bertengger di peringkat tiga dunia, di bawah Novak Djokovic dan Daniil Medvedev.

5 dari 6 halaman

4. Mo Farah

Pelari jarak jauh asal Inggris Mo Farah sempat berharap dapat mempertahankan gelar 10.000 meternya di kejuaraan kali ini.

Sayangnya, pemenang Olimpiade empat kali tersebut harus absen karena gagal mencapai waktu kualifikasi di British Athletics Championships 2021 yang berlangsung pada Juni lalu. Kondisi tersebut memastikan Mo Farah tidak bisa ikut serta dalam Olimpiade Tokyo 2020.

6 dari 6 halaman

5. Neymar

Neymar dikenal sebagai pemain yang berhasil mencetak penalti kemenangan dan mengantar Brasil menjuarai Olimpiade Rio 2016. Meski demikian, Neymar dipastikan tak dapat membela negaranya dalam Olimpiade Tokyo kali ini.

Jadi klub yang membesut Neymar, Paris Saint-Germain (PSG) tak mengizinkan para pemainnya untuk ikut serta dalam Olimpiade musim panas dengan alasan istirahat. Oleh sebab itu, Neymar bersama bintang PSG lain, Mbappe, tak akan berlaga di Olimpiade Tokyo 2020.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.