Sukses

Hasil dan Klasemen Euro 2020 : Inggris Belum Amankan Tiket 16 Besar

Liputan6.com, Jakarta Inggris belum berhasil amankan tiket 16 besar usai imbang 0-0 lawan Skotlandia pada duel grup D Euro 2020 di Wembley Stadium, Sabtu (19/6/2021). Meski mendominasi penguasaan bola 61 persen, tapi tak sebiji gol pun yang bisa dicetak Timnas Inggris.

Inggris sebenarnya punya peluang emas di menit ke-11 lewat sundulan John Stones. Namun sundulannya mengenai tiang.

Setelah peluang itu, Inggris seperti buntu untuk membongkar pertahanan Skotlandia yang dipimpin Andrew Robertson. Bek kiri Skotlandia ini sepertinya sudah hapal betul dengan karakter pemain Inggris yang dihadapinya saat main untuk Liverpool.

Dengan hasil imbang, Inggris harus menentukan kelolosan saat melawan Republik Ceko. Kedua negara ini berpeluang besar lolos kalau imbang.

Kroasia masih punya peluang untuk lolos kalau menang lawan Skotlandia. Namun Kroasia harus menang besar dan produktivitas gol lebih besar dari Inggris atau Republik Ceko kalau salah satu negara ini kalah.

 

2 dari 6 halaman

Jalannya Pertandingan

Timnas Inggris tetap dengan kekuatan sama saat menghadapi Skotlandia. Inggris mengambil inisiatif menyerang sejak menit awal.

Peluang emas tercipta di menit ke-11. John Stones mendapatkan peluang untuk cetak gol, tapi sundulannya mengenai tiang.

Tak lama berselang, menit 12, Mason Mount juga nyaris cetak gol. Namun dia tak maksimal selesaikan peluang dari Raheem Sterling.

Negara serumpun ini punya gaya main yang nyaris sama. Mayoritas pemain Skotlandia juga tampil di Liga Inggris sehingga tak asing dengan lawan mereka.

Menit ke-29, Harry Kane coba jangkau umpan jarak jauh dari Reece James. Namun bola tak terjangkau dan Kane pun sudah offside.

Tak banyak peluang berarti antara Inggris melawan Skotlandia di babak pertama. Hingga babak pertama berakhir, skor 0-0 antara Inggris melawan Skotlandia masih bertahan.

 

3 dari 6 halaman

Babak Dua

Inggris langsung menggebrak lewat Mason Mount di menit ke-48. Mendapatkan umpan dari Shaw, Mount langsung lepas tembakan keras yang masih bisa ditepis kiper Skotlandia.

Kurang kreatifnya lini tengah Inggris membuat, Gareth Southgate menarik keluar Phil Foden. Dia memasukkan Jack Grealish di menit ke-63.

Kehadiran Grealish langsung membuat permainan Inggris dinamis. Namun hingga ke-73, serangan Timnas Prancis masih patah di tengah jalan.

Skotlandia justru membuat peluang berbahaya di menit ke-76. Andrew Robertson memberi umpan silang bagus tapi gagal dimanfaatkan Adams.

Skor 0-0 antara Inggris melawan Skotlandia tetap bertahan hingga pertandingan berakhir.

 

4 dari 6 halaman

Hasil Euro 2020

 

Jumat, 18 Juni 2021

Swedia 1-0 Slowakia

Kroasia 1-1 Republik Ceko

Sabtu, 19 Juni 2021

Inggris 0-0 Skotlandia

 

5 dari 6 halaman

Klasemen Euro

 

Klasemen Grup D

1. Rep. Ceko 4 poin (main: 2, menang: 1, imbang: 1, kalah: 0)

2. Inggris 3 poin (main: 1, menang: 1, imbang: 0, kalah: 0)

3. Kroasia 1 poin (main: 2, menang: 0, imbang: 1, kalah: 1)

4. Skotlandia 0 poin (main: 1, menang: 0, imbang: 0, kalah: 1)

6 dari 6 halaman

Video Menarik