Sukses

Klasemen Euro 2020/ 2021 : Hadang Langkah Slovakia, Swedia Kuasai Puncak Grup E

Liputan6.com, Jakarta Persaingan sengit terjadi di Grup E Euro 2020 / 2021 usai Swedia kalahkan Slovakia 1-0 di Stadion Saint Petersburg, Jumat malam WIB (18/6/2021). Gol kemenangan Swedia dilesakkan Emil Forsberg lewat tendangan penalti.

Dengan hasil ini Swedia berhasil mengambil alih posisi puncak klasemen dari Slovakia dengan raihan 4 poin. Sebelumnya, Alexander Isak bermain imbang 1-1 melawan Spanyol. Kemenangan ini juga membuka peluang mereka maju ke babak selanjutnya.

Slovakia yang membutuhkan kemenangan agar bisa lolos ke babak 16 besar, kini harus puas ada di posisi kedua. Mereka mengumpulkan 3 angka hasil kemenangan atas Polandia di pertandingan sebelumnya. Spanyol yang difavoritkan lolos di grup ini, untuk sementara tertahan diurutan 3. Jordi Alba dkk baru mengumpulkan satu poin setelah ditahan imbang Swedia. Urutan terakhir ditempati Polandia.

Pada laga ini, Swedia yang lebih banyak mengambil inisiatif penyerangan sempat kesulitan menjebol gawang Slovakia. Bahkan, hingga babak pertama berakhir mereka kesulitan menembus pertahanan lawannya.

2 dari 5 halaman

Penalti

Swedia akhirnya mampu memecah kebuntuan setelah pemain Slovakia Martin Dúbravka melakukan pelanggaran di area penalti.

Emil Forsberg berhasil memanfaatkan hadiah penalti dengan tembakan kaki kanan mengecoh gerakan kiper Slovakia. Swedia unggul 1-0.

Tak mau kehilangan angka Slovakia mencoba bangkit dan berusaha lebih banyak menekan pertahanan Swedia. Meski sudah berusaha keras hingga tambahan waktu 5 menit, Slovakia gagal mengejar ketinggalan.

3 dari 5 halaman

Klasemen

Klasemen Grup E

1. Swedia : 4 poin (main: 2, menang: 1, imbang: 1, kalah: 0)

2. Slovakia : 3 poin (main: 2, menang: 1, imbang: 0, kalah: 1)

3. Spanyol: 1 poin (main: 1, menang: 0, imbang: 1, kalah: 0)

4. Polandia: 0 poin (main: 1, menang: 0, imbang 0, kalah: 1)

4 dari 5 halaman

Infografis

5 dari 5 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini