Sukses

Euro 2020: Detak Jantung Christian Eriksen Sempat Berhenti saat Kolaps

Detak jantung Christian Eriksen sempat berhenti setelah jatuh ke tanah dalam laga Denmark melawan Finlandia di Grup B Euro 2020.

Liputan6.com, Kopenhagen - Dokter Timnas Denmark Martin Boesen mengungkapkan kondisi Christian Eriksen saat pingsan dalam laga Grup B Euro 2020. Insiden tersebut terjadi menjelang babak pertama berakhir saat Denmark melawan Finlandia di Stadion Saint-Petersburg, Minggu (13/6/2021) dini hari WIB.

Martin mengatakan detak jantung Christian Eriksen sempat berhenti setelah jatuh ke tanah saat akan menyambut lemparan ke dalam. Beruntung, gelandang Denmark yang juga pemain Inter Milan itu cepat mendapatkan pertolongan pertama berupa CPR atau Resusitasi Jantung Paru (RJP) dari tim medis.

Sebelum tim medis datang dan memberikan CPR, Kapten Denmark Simon Kjaer terlihat langsung mengecek jalur pernapasan Eriksen dan memastikan lidahnya tak menutup pernapasannya. Selain itu, dia juga mengangkat posisi Eriksen sehingga terangkat ke arah kanan. Ini aksi vital dan penting.

Setelah memeroleh pertolongan pertama CPR, Christian Eriksen langsung diboyong ke rumah sakit. Saat ini, kondisinya diketahui berangsur-angsur stabil.

Saksikan Video Euro 2020 di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Martin Boesen

Martin mengatakan dia dipanggil memasuki lapangan saat Christian Eriksen terjatuh. Walau saat itu tidak melihat langsung, menurutnya, pemain berusia 29 tahun itu tidak sadarkan diri.

"Ketika saya tiba di sana, Eriksen terbaring menyamping, masih bernapas, dan saya masih bisa melihat jantungnya berdetak, tapi tiba-tiba semuanya berubah, dan sebagaimana orang-orang lihat kami mulai melakukan CPR," katanya seperti dikutip dari situs AFP.

"Bantuan datang sangat-sangat cepat dari petugas medis, staf lainnya, dan dengan kerja sama semua pihak kami bisa mengembalikan Christian Eriksen," Martin melanjutkan.

3 dari 4 halaman

Menangis dan berdoa

Kolapsnya Eriksen membuat membuat seluruh orang di stadion panik. Pemain dan penonton yang berada dekat dengan lokasi sangat terpukul melihat insiden tersebut. Mereka menangis dan berdoa.

Kekasih Eriksen, Sabrina Kvist Jensen, bahkan sampai turun ke lapangan untuk mengetahui kondisi pasangan hidupnya. Dia sempat ditenangkan kiper Kasper Schmeichel dan kapten Denmark Simon Kjaer.

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.