Sukses

Piala Wali Kota Solo 2021 Jaga Momentum Sepak Bola Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Piala Wali Kota Solo 2021 bakal digelar pada 20 Juni hingga 26 Juni 2021. Piala Wali Kota Solo yang diprakarsai langsung oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ini bakal menggunakan sistem knock out sejak laga pertama.

Menurut Ketua Panitia Piala Wali Kota Solo, Cahyadi Wanda, karena keterbatasan waktu, pertandingan di Piala Wali Kota Solo menggunakan sistem knock out sejak awal. Namun ini diyakini menambah keseruan pertandingan.

Apalagi, pertandingan pertama akan dibuka dengan duel Persis Solo melawan PSG Pati. Ini duel sesama tim asal Jawa Tengah dari Liga 2.

Sedangkan pada malam harinya, Piala Wali Kota Solo yang disiarkan ekslusif oleh Indosiar, Vidio dan NEX Parabola ini bakal menampilkan duel klub besar Liga 1 Persib Bandung melawan Arema FC. Kedua tim dipastikan bakal habis-habisan rebut tiket semifinal.

"Format pertandingan pakai sistem knock out, bila hasil imbang langsung adu penalti. Karena keterbatasan waktu, Piala Wali Kota Solo hanya diikuti 8 klub dari Liga 1 dan Liga 2. Ini bukan berarti kami tidak respek dengan klub lain," kata Cahyadi Wanda kepada wartawan.

"Ini event untuk menjaga momentum sepak bola di tanah air. Setelah Piala Menpora yang sukses baik penyelenggaraan maupun penerapan protokol kesehatan, ini menjadi event untuk membuat sepak bola Indonesia lebih semarak lagi. Kami akan menayangkan full pertandingan sejak 20 Juni sampai 26 Juni nanti," Harsiwi Achmad, Direktur Programming SCM menambahkan.

 

2 dari 4 halaman

Klub Para Sultan

 

Piala Wali Kota Solo menampilkan kontestan yang unik utamanya karena keterlibatan artis dan juga pengusaha yang kerap dipanggil sultan. Arema FC misalnya kini menunjuk Gilang Widya Pramana atau kerap disapa Juragan 99 sebagai presiden klub.

Lalu ada juga RANS Cilegon FC yang dimiliki Raffi Ahmad serta PSG Pati yang didanai oleh Atta Halilintar. Cahyadi Wanda mengatakan pihaknya sengaja mengundang para pemilik baru klub agar bisa langsung merasakan animo kompetitif.

"Kami ingin pemilik baru ini merasakan animo yang kompetitif. Ini juga menjadi motivasi bagi pihak lain agar masuk ke sepak bola. Ini bukan berarti kami tidak menghormati klub lain," ujar Cahyadi.

 

3 dari 4 halaman

Total Hadiah

 

Event ini akan memperebutkan hadiah total lebih dari Rp 1 Miliar. Juara akan mendapatkan hadiah Rp 500 juta, peringkat dua Rp 300 juta, peringkat tiga Rp 200 juta dan peringkat empat Rp 100 juta.

"Selain itu, kami juga memberi match fee khusus di fase knock out saja, untuk yang menang Rp 75 juta dan yang kalah Rp 45 juta," ujar Cahyadi.

Piala Wali Kota Solo akan diikuti empat klub Liga 1 yaitu Persib Bandung, Arema FC, Bhayangkara FC dan Bali United. Sedangkan klub Liga 2 yang ikut yaitu RANS Cilegon FC, Dewa United, Persis Solo dan PSG Pati.

4 dari 4 halaman

Video Menarik