Sukses

Statistik Persib di Ajang Piala Menpora 2021, 7 Pemain Ini Sukses Cetak Gol

Liputan6.com, Jakarta Piala Menpora 2021 telah berakhir dengan tim yang keluar sebagai juara adalah Persija Jakarta. Secara mengejutkan Persija Jakarta berhasil juara setelah menang 4-1 secara agregat atas Persib Bandung.

Piala Menpora 2021 berbeda dari gelaran sebelumnya, babak final digelar dua leg yakni pada 22 dan 25 April 2021. Pada laga pertama, Persib menyerah 0-2 dari Persija. Menyusul laga kedua, Persib kembali menelan kekalahan, Kali ini dengan skor tipis 2-1.

Sejatinya di Final Piala Menpora 2021, Persib Bandung sedikit lebih diunggulkan keluar sebagai juara. Hal ini tidak lepas dari statistik Persib Bandung selama berlaga di fase grup hingga sebelum babak final. Tim asuhan Robert Rene Alberts ini tidak sekalipun menelan kekalahan.

Statistik Manis di Fase Grup

Persib melalui enam pertandingan dengan empat kemenangan. Kemenangan Persib didapat kala mengalahkan Persita Tangerang, Persiraja Banda Aceh, Persebaya Surabaya, dan PSS Sleman. Satu dari dua hasil imbang diperoleh saat berhadapan dengan PSS Sleman pada leg kedua semifinal Piala Menpora, namun tetap lolos karena unggul aggregate. 

Satu catatan menarik yang didapat Persib selama Piala Menpora 2021 adalah setiap pertandingan hingga babak Semifinal mereka tak pernah absen membobol gawang lawan. Sayangnya, produktivitas gol Persib terhambat di babak final, hanya mampu mencetak satu gol dari dua pertandingan.

2 dari 3 halaman

Capaian Persib Melebihi Target

Meskipun belum mampu meraih titel juara Piala Menpora 2021, para pecinta sepakbola dan pendukung Persib, patutnya berbangga dan terus mendukung karena kesebelasannya mampu mencapai babak final. Terlebih sejak kompetisi dimulai, Persib bermain tanpa target khusus dan memberikan menit bermain kepada banyak pemainnya. 

Tercatat ada 7 pemain yang sukses mencetak gol. Frets Butuan dan Ezra Walian masing-masing berhasil menjadi top skor klub dengan torehan 3 gol. Hanya selisih 1 gol dari peraih top skor, Rijal Torres. Selanjutnya ada Wander Luiz, Ferdinand Sinaga, Victor Igbonefo, Nick Kuipers, dan Esteban Vizcarra.

Dengan statistik tersebut, sepatutnya Persib Bandung mendapatkan apresiasi dan tepuk tangan karena mampu meramaikan kembali sepakbola Tanah Air, setelah setahun lebih vakum karena pandemi. Sebagai sponsor Persib Bandung, Kopi ABC juga tak pernah berhenti memberikan dukungan secara moril maupun materi agar Persib semakin mantap berprestasi dan memajukan sepakbola Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Top scorer

(3) Frets Butuan, Ezra Walian

(2) Wander Luiz, Ferdinand Sinaga

(1) Victor Igbonefo, Nick Kuipers, Esteban Vizcarra

Top assist:

(3) Febri Hariyadi

(2) Frets Butuan, Wander Luiz

(1) Beckham Putra, Bayu Fiqri, Esteban Vizcarra, Ardi Idrus

Fase Group:

Persib Bandung vs Bali United : 1 - 1 

Persita Tangerang vs Persib Bandung : 1 - 3

Persib vs Persiraja Banda Aceh : 2 - 1

Perempat Final:

Persib vs Persebaya Surabaya : 3 - 2

Semifinal:

Persib vs PSS Sleman : 2 - 1

PSS Sleman vs Persib : 1 - 1

Final:

Persib vs Persija : 0 - 2

Persija vs Persib : 2 - 1