Sukses

Persib Masih Punya PR Meski Belum Terkalahkan di Piala Menpora

Liputan6.com, Bandung Persib Bandung melangkah ke babak semifinal Piala Menpora 2021 setelah menyingkirkan Persebaya Surabaya. Kemenangan dramatis 3-2 atas Persebaya, membuat satu slot di babak semifinal menjadi milik Persib.

Bicara soal pencapaian tim berjuluk Maung Bandung di Piala Menpora sebenarnya sudah cukup memuaskan, terlebih hanya melakukan persiapan selama tiga pekan setelah sepak bola vakum hampir satu tahun.

Lolos sebagai juara Grup D, Pangeran Biru tampil tidak terkalahkan, yakni melawan Bali United (1-1), lawan Persita Tangerang (3-1), dan lawan Persiraja Banda Aceh (2-1).

Meski tak terkalahkan hingga babak perempat final, bukan berarti Persib tak mempunyai evaluasi. Catatan kebobolan lima gol adalah salah satunya.

Sebanyak empat dari lima gol yang bersarang ke gawang Persib tercipta melalui situasi bola mati. Bahkan dua di antaranya terjadi saat melawan Persebaya, di mana Persib sudah unggul 3-0 kemudian kecolongan sehingga berakhir dengan 3-2.

Pelatih Persib Robert Rene Alberts pun mengakui berhadapan dengan situasi set piece tim lawan sebagai titik lemah timnya. Ia menyebutkan, sebanyak 30 persen gol yang tercipta dalam pertandingan dicetak melalui situasi bola mati.

"Itu hal yang kami diskusikan. Di sepak bola, statistik menyebutkan bahwa 30 persen gol lahir dari situasi set piece. Dan kami kebobolan dalam empat laga terakhir sebanyak lebih dari 30 persen dari set piece," katanya, Senin (12/4/2021).

 

2 dari 3 halaman

PR Persib

Pelatih asal Belanda itu pun mengatakan akan segera melakukan evaluasi. Terlebih, Persib saat ini sudah melangkah jauh ke semifinal.

"Jadi ini yang kami diskusikan dan ini yang saya sampaikan. Jika ingin melaju ke semifinal yang mana sudah dicapai lalu ingin melaju lagi ke final, antisipasi set piece adalah hal yang harus dibenahi," ujarnya.

Untuk diketahui, Persib dan PSM Makassar menjadi dua dari empat semifinalis Piala Menpora 2021 tahun ini tanpa pernah mengalami kekalahan. Sejauh ini, Persib juga cukup produktif dengan mengemas sembilan gol.

"Kami melaju langkah demi langkah, terus belajar, dan penting untuk tidak melihat bagaimana hasil akhir dari turnamen ini tapi melihat laga berikutnya saja," ucap Robert.

"Dengan begitu kami bisa menganalisa apa yang kurang bagus di laga sebelumnya dan bagaimana memperbaiki itu di laga berikutnya, itu yang kami kerjakan," ujarnya menambahkan.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini