Sukses

5 Transfer Terburuk dalam Sejarah Barcelona

Barcelona sudah membuat beberapa keputusan buruk di jendela transfer pada masa lalu. Berikut 5 transfer terburuk Barcelona.

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona adalah klub yang dipandang sebagai salah satu rumah sepak bola termegah. Tim Catalan sudah mempertahankan status legendarisnya lebih dari satu abad dan masih menampung sejumlah pemain terbaik di planet ini, termasuk Lionel Messi.

Namun, reputasi Barcelona merosot selama beberapa musim terakhir. Ini dikarenakan pengeluaran yang sembrono dan beberapa manajemen yang buruk dari para petinggi.

Segalanya muncul ketika mantan presiden Josep Maria Bartomeu harus mengundurkan diri sebagai presiden. Baru-baru ini, dia didakwa oleh polisi karena keterlibatannya dalam kampanye kotor yang dilakukan terhadap para pemain dan legenda Barcelona.

Barcelona perlahan menemukan identitas mereka di bawah Ronald Koeman. Tetapi karena salah urus selama bertahun-tahun, mereka harus sangat berhati-hati di bursa transfer musim panas.

Berikut 5 kesalahan terburuk Barcelona di bursa transfer seperti dikutip dari Sportskeeda.

 

Saksikan Video Barcelona di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Membiarkan Luis Suarez pergi dan pindah ke Atletico Madrid

Luis Suarez telah menjadi salah satu penyerang terbaik abad ke-21. Setelah namanya mencuat bersama Liverpool di Liga Inggris, striker asal Uruguay itu pindah ke Barcelona pada 2014.

Suarez berkembang bersama Lionel Messi dan Neymar dan membentuk salah satu dari trio penyerang paling mematikan dalam sejarah sepak bola. Secara luas mereka dikenal sebagai trio MSN.

Suarez mencetak 198 gol untuk Barcelona dalam enam musim. Dia bahkan memenangkan Sepatu Emas Eropa bersama Barcelona, ​​menjadi satu-satunya pemain selain Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang melakukannya.

Bahkan pada musim terakhirnya di Barcelona, Suarez mencetak 21 gol dan memberikan 10 assist di Liga Spanyol dan Liga Champions. Namun anehnya, Barcelona memutuskan sudah waktunya melepasnya.

Cara Barcelona melakukannya agak memalukan. Suarez tidak diberi tahu bahwa dia tak memiliki masa depan karena dinilai terlalu tua untuk menjadi striker untuk Barcelona.

Suarez kemudian bergabung dengan Atletico Madrid dan memimpin klub untuk memenangkan gelar Liga Spanyol musim ini. Dia telah mencetak 18 gol dan memberikan dua assist dari 24 penampilannya musim ini.

Lebih buruk lagi, Messi secara terbuka menyatakan ketidakpuasannya dengan cara teman dekat dan rekan serangnya itu diperlakukan oleh Barcelona. Laporan menunjukkan Suarez telah berkontribusi pada keinginan Messi untuk meninggalkan Camp Nou.

3 dari 6 halaman

4. Membayar Mahal untuk Philippe Coutinho

Kepergian Neymar sangat membantu mengisi pundi-pundi Barcelona di masa mendatang. Tapi, cara pengelolaan dana itu agak mengerikan.

Coutinho didatangkan dari Liverpool dengan nilai transfer 142 juta pound pada 2018. Kendati bukan pengganti yang disukai untuk Neymar,, dia dianggap sebagai salah satu pemain terpenting Barcelona. Namun, setelah tampil mengesankan , performa Coutinho memudar. Dia kemudian dipinjamkan ke Bayern Munchen tak lama kemudian.

Coutinho telah kembali ke Barcelona setelah memenangkan tiga trofi bersama Munchen. Namun, dia tidak terlihat cocok untuk tim Catalan.

Coutinho adalah gelandang yang luar biasa, tapi 142 juta pound dianggap terlalu mahal. Sedangkan kedatangannya hanya menambah masalah Barcelona.

 

 

4 dari 6 halaman

3. Antoine Griezmann dan Ousmane Dembele Dibeli Terlalu Mahal

Setelah kepergian Neymar ke Paris Saint-Germain, Barcelona ingin memperkuat posisi sayap kiri. Tim Catalan membayar 105 juta euro plus bonus senilai 40 juta euro kepada Borussia Dortmund untuk mendapatkan Ousmane Dembele.

Meski tidak ada keraguan dengan bakat yang dimiliki Dembele, itu masih merupakan perekrutan yang keliru, terutama untuk uang sebanyak itu. Dembele sangat rentan cedera dan punya beberapa masalah dengan manajemen klub karena kurangnya disiplin.

Setelah tiga setengah tahun, ​​Dembele belum membuktikan dirinya pantas dibayar mahal. Bahkan, tim Catalan tidak dapat memutuskan apakah akan mempertahankan atau menjualnya.

Sedangkan Antoine Griezmann adalah pemain lain yang sudah lama diinginkan Barcelona. Penyerang Prancis itu didatangkan di musim panas 2019 setelah menebus klausul pelepasan sebesar 120 juta euro.

Griezmann memiliki musim debut yang mengecewakan dan meski telah menunjukkan tanda-tanda membaik musim ini. Dia belum terlihat seperti pemain yang pantas dibayar lebih dari 100 juta euro.

Griezmann akan berusia 30 dalam sehingga banyak uang yang dikeluarkan Barcelona untuknya dinilai semakin konyol.

 

5 dari 6 halaman

2. Kesepakatan pertukaran Miralem Pjanic - Arthur Melo

Ini adalah salah satu kesepakatan pertukaran yang tak masuk akal untuk Barcelona. Arthur Melo telah disamakan dengan dua gelandang legenda Barcelona, Andres Iniesta dan Xavi.

Di sisi lain, Miralem Pjanic telah berusia 30 tahun. Dia adalah salah satu gelandang bertahan terbaik di generasinya.

Melihat usianya, Barcelona punya skuat yang menua. Menukar pemain muda yang menjanjikan dengan seorang veteran, mungkin hanya memiliki dua atau tiga musim tersisa di dalam dirinya, tentu tidak menguntungkan.

Arthur perlahan menemukan tempatnya di Juventus, tapi Miralem Pjanic bingung dan menghangatkan bangku cadangan Barcelona. B​bertanya-tanya mengapa dia tidak mendapatkan lebih banyak menit dan mengapa dia memilih untuk datang ke Camp Nou.

Bersama Frenkie De Jong dan Pedri, Arthur Melo bisa bertahan dan membentuk trio lini tengah selama bertahun-tahun yang akan datang. Namun sayang, itu tidak diwujudkan Barcelona.

 

6 dari 6 halaman

1. Menjual Luis Figo

Dari 1995-2000, Luis Figo menikmati lima musim gemilang di Barcelona. Pemain asal Portugal tersebut ​​memenangkan tujuh trofi utama, termasuk dua gelar Liga Spanyol dan dua Copa Del Reys.

Figo merupakan orang yang menarik tali dari lini tengah dan Barcelona sangat menyenangkan untuk ditonton saat dia berkembang bersama orang-orang seperti Rivaldo dan Ronaldo Nazario.

Tapi, di musim panas 2000, Real Madrid memicu klausul pelepasan 62 juta euro untuk mendatangkan Figo. Padahal, Figo pemain utama Barcelona.

Dia mencetak tujuh gol dan memberikan 17 assist pada musim terakhirnya di Barcelona serta kapten tim. Kepindahannya ke Real Madrid menandai pergeseran besar kekuasaan di Spanyol.

Itu juga merupakan awal dari masa-masa yang membosankan bagi Barcelona karena hanya mencapai satu final Liga Champions dalam lima tahun ke depan. Sementara Figo memenangkan dua gelar Liga Spanyol dan Liga Champions bersama Real Madrid.

"Itu adalah keputusan yang penting tapi sulit. Saya meninggalkan kota yang memberi saya banyak hal dan di mana saya merasa baik. Tetapi, ketika Anda merasa tidak dikenali atas apa yang Anda lakukan dan Anda mendapat tawaran dari klub lain, maka Anda memikirkannya," kata Figo soal alasasn pergi dari Camp Nou kepada Marca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.