Sukses

OC Piala Menpora 2021 : Video Provokasi Rasial Persib Vs Bali United Hasil Editan

Duel Persib Bandung melawan Bali United sempat diwarnai kegaduhan di media sosial akibat beredarnya video dengan backsound bernada rasial.

Liputan6.com, Jakarta Duel Persib Bandung melawan Bali United pada babak penyisihan Grup C Piala Menpora 2021 sempat diwarnai kehebohan di kalangan warganet. Pemicunya adalah potongan video pertandingan dengan suara latar yang mengindikasikan penghinaan bernada rasial terhadap salah satu kelompok suporter. 

Rekaman muncul tidak lama setelah babak pertama berakhir. Saat itu Persib masih imbang 0-0 melawan Bali United. 

Rekaman ini sempat beredar luas di media sosial yang kemudian memantik beragam komentar. Namun dari penelusuran yang dilakukan Organizing Committee (OC) maupun Indosiar selaku pemilik hak siar, belakangan diketahui kalau rekaman yang dibagikan tersebut tidak sesuai dengan aslinya (editing).

Menurut Ketua OC Piala Menpora 2021, Akhmad Hadian Lukita, pihaknya segera melakukan investigasi untuk mengetahui kebenaran dan fakta yang sesungguhnya. “Termasuk menghubungi tim produksi dan mengamati detail yang terjadi pada saat siaran dilakukan. Kami juga membandingkan video yang ada dengan fakta yang sebenarnya selama proses siaran berlangsung,” ungkap Akhmad Hadian Lukita. 

“Video dan audio pada saat siaran langsung terbilang clear (bersih). Tidak ada indikasi yang melecehkan kelompok lain atau rasis. Kami pastikan, cuplikan video yang beredar ke publik tersebut adalah hasil editan,” tegas Akhmad Hadian Lukita seperti dilansir dari situs ligaindonesiabaru.

 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minta Maaf

Beberapa jam setelah video cuplikan pertandingan beredar ke publik, muncul pula permintaan maaf yang diungkapkan pula di dunia maya. Intinya, mengakui bahwa itu hoaks alias berita bohong.

“Kami mengimbau kepada seluruh netizen, pecinta sepak bola nasional, dan penonton yang di rumah. Mari kita saling menghargai dan menjaga kelangsungan Piala Menpora 2021," kata Akhmad Lukita. 

"Jangan bikin gaduh, walau di dunia maya. Mohon dipahami dan sama-sama berkomitmen. Bagaimana pun, sepak bola telah menyatukan kita semua,” Akhmad Hadian Lukita mengingatkan.

 

3 dari 3 halaman

Berakhir Imbang

Pertandingan Persib melawan Bali United berakhir dengan skor imbang 1-1. Dalam duel ini, Maung Bandung sempat tertinggal lewat gol William Pachecho pada menit ke-52 sebelum akhirnya berhasil disamakan oleh Frest Butuan di penghujung babak kedua. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.