Sukses

3 Hal yang Wajib Diketahui Soal MotoGP 2021 : Gelar Valentino Rossi Terancam

Liputan6.com, Jakarta MotoGP 2021 bakal bergulir lagi mulai di sirkuit Losail, Qatar, Jumat (26/3/2021). Ini menjadi seri pembuka yang bakal selalu bikin penasaran siapa yang bakal juara.

Sirkuit Losail Qatar identik dengan Ducati Corse. Pembalap-pembalap asal Pabrikan Italia itu selalu meraih hasil bagus di sirkuit ini di dua musim terakhir.

Musim lalu, balapan di sirkuit Losail dibatalkan karena pandemi Covid-19 mulai merebak. MotoGP musim ini bisa digelar dengan normal meski ada beberapa tuan rumah yang menarik diri seperti Argentina dan Amerika Serikat.

MotoGP 2021 juga bikin penasaran karena Dorna masih mencari satu lagi tempat untuk dijadikan seri ke-20. Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat masuk dalam cadangan dan belum ada keputusan apakah bisa menggelar balapan nanti.

MotoGP 2021 ini bakal digelar untuk sementara 19 seri dari rencana awal 21 seri. Sirkuit Losail Qatar bakal menggelar dua kali balapan. Lalu apa lagi fakta menarik di MotoGP 2021?

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Marquez Bisa Samai Jumlah Gelar Valentino Rossi

Marc Marquez dikabarkan alami pemulihan cedera yang lebih cepat dari dugaan awal. Setelah menjalani operasi ketiga pada akhir tahun lalu, Marquez sempat diduga harus istirahat selama enam bulan.

Namun belum lama ini, Marc Marquez sudah menjajal motor Repsol Honda dua kali. Kalau berjalan lancar, Marquez diprediksi bisa tampil di seri pertama meski belum ada pengumuman resmi soal ini.

Marc Marquez bakal jadi ancaman nyata bagi pembalap lain. Sejak 2013, banyak pembalap yang kesulitan untuk menggusur Marquez.

Pembalap asal Spanyol itu hanya gagal juara pada 2015 dan 2020 (karena cedera). Musim ini dia berpeluang juara lagi dan bakal menyamai rekor juara MotoGP Valentino Rossi sebanyak 7 kali.

 

3 dari 5 halaman

2. Tim Keempat Valentino Rossi

Musim 2021 juga bakal menjadi petualangan baru bagi Valentino Rossi. Dia akan menjalani musim pertama dengan tim keempatnya sepanjang karier di MotoGP.

Memang, Rossi hanya memperkuat tiga pabrikan yaitu Honda, Yamaha dan Ducati. Namun Rossi kini membela Tim Petronas Yamaha yang jadi tim satelit Yamana.

Ini menjadi pengalaman unik bagi Valentino Rossi yang sudah 26 musim berkiprah di MotoGP.

 

4 dari 5 halaman

3. Tiga Rookie

 

Balapan di MotoGP 2021 juga bakal jadi panggung bagi tiga rookie. Pembalap yang baru naik kelas ini yaitu Enea Bastianini, Luca Marini dan Jorge Martin.

Enea Bastianini dan Luca Marini merupakan juara dan runner up Moto2 musim lalu. Dan kini, mereka bakal tergabung di Avintia Esponsorama Ducati/VR46.

Dua pembalap muda ini sama-sama jebolan dari akademi valentino Rossi dan tampil di Sky Racing VR46 musim lalu.

5 dari 5 halaman

Jadwal MotoGP

Waktu-Negara-Sirkuit

28 Maret 2021-Qatar-Losail International Circuit

4 April 2021-Qatar-Losail International Circuit

18 April-Portugal-Portimao

2 Mei-Spanyol-Circuito de Jerez-Angel Nieto

16 Mei-Prancis-Circuit Bugatti

30 Mei-Italia-Mugello Circuit

6 Juni-Catalunya-Circuit de Barcelona-Catalunya

20 Juni-Jerman-Sachsenring

27 Juni-Belanda-TT Circuit Assen

11 Juli-Finlandia-Kymi Ring

TBD

15 Agustus-Austria-Red Bull Ring

29 Agustus-Inggris-Silverstone Circuit

12 September-Aragon-Motorland Aragon

19 September-San Marino-Misano World Circuit Marco Simoncelli

3 Oktober-Jepang-Twin Ring Motegi

10 Oktober-Thailand-Chang International Circuit

24 Oktober-Australia-Phillip Island Grand Prix Circuit

31 Oktober-Malaysia-Sepang International Circuit

14 November-Valencia-Circuit Ricardo Tormo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.