Sukses

Farshad Noor Lengkapi Slot Pemain Asing Asia di Persib, Berapa Durasi Kontraknya?

Liputan6.com, Bandung Persib Bandung kembali aktif di bursa transfer dengan mendatangkan gelandang asal Afganistan, Farshad Noor. Kehadiran pemain 26 tahun itu menjawab teka-teki pengganti slot pemain Asia di tubuh skuat Persib selepas hengkangnya Omid Nazari.

Menurut Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) Teddy Tjahjono, Farshad Noor dikontrak satu tahun untuk kemudian memiliki opsi perpanjang kontrak di tim Maung Bandung.

"Iya, benar dia dikontrak satu musim dengan opsi perpanjangan satu musim. Yang pasti kami akan lihat dulu selama satu musim ini bagaimana," ucap Teddy, Minggu (21/3/2021).

Farshad Noor bermain untuk Timnas Afganistan, bahkan didapuk sebagai kapten tim. Ia lahir di Best, Belanda, 2 Oktober 1994.

Dengan bergabungnya Farshad, Persib membantah rumor bakal mendatangkan pemain berpaspor Jepang. Bahkan pemain yang pernah merumput di Liga Belanda itu adalah pilihan utama pelatih Robert Rene Alberts.

"Saya juga bingung sampai banyak nama dari Jepang, padahal dia pilihan utama. Tetapi prosesnya memang lama untuk meyakinkan dia. Mungkin karena dia ada komunikasi dengan Robert, jadi bisa meyakinkan sepak bola di Indonesia seperti apa," ujar Teddy.

2 dari 5 halaman

Menimba Pengalaman di PSV Eindhoven

Sebagai sosok baru, Farshad Noor diketahui pernah menimba ilmu sepak bola di Belanda saat bergabung dengan tim muda PSV Eindhoven. Sebelum dipinang Persib, Farshad sempat memperkuat Nea Salamis hingga akhirnya berstatus bebas transfer.

Setelah masuk tim kelompok usia PSV, Farshad bermain untuk Roda JC di kompetisi kasta tertinggi di Liga Belanda musim 2015/2016. Di Roda JC, Farshad bermukim selama 1,5 musim sebelum memilih pindah ke SC Cambuur-Leeuwarden.

Farshad sempat berada satu tim dengan gelandang Stefano Lilipaly pada awal 2017 saat masih berkostum SD Cambuur. Setelah itu dia sempat jadi bagian tim AFC Eskilstuna di Swedia dan terakhir berkostum Nea Salamis di Liga Siprus.

3 dari 5 halaman

Bukan Masalah Harga

Menurut Teddy, proses negosiasi berlangsung lama karena harus meyakinkan sang pemain bisa main di Liga 1.

"Jadi kendalanya bukan masalah harga kontrak dan lain-lain, tapi masalah kompetisi Indonesia ini bagaimana ke depannya," ujarnya.

Soal nilai kontrak, Teddy tak mau banyak bicara. Pihaknya hanya menjalankan tugas melobi pemain yang direkomendasikan pelatih.

"Yang jelas dia rekomendasi Robert, sama seperti pemain lain di Persib Bandung. Semua hal yang berkaitan dengan teknis datang dari tim kepelatihan, kami hanya melakukan tindak lanjut atas rekomendasi mereka," ungkapnya.

4 dari 5 halaman

Dibawa ke Piala Menpora

Farshad akan bergabung dengan Persib mulai pekan depan di saat turnamen Piala Menpora 2021 bergulir. Ia akan menyusul ke Sleman setelah satu pekan menjalani isolasi mandiri sebagai syarat dari pemerintah bagi setiap warga negara asing yang baru tiba di Indonesia.

Selain itu, kedatangan Farshad menjadikan Persib semakin kental dengan aroma Belanda. Sebelumnya sudah ada Nick Kuipers, Geoffrey Castillion, serta Ezra Walian yang dinaturalisasi dari Belanda.

5 dari 5 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini