Sukses

Kampanye Nonton Piala Menpora di Rumah Saja, Persib Luncurkan Program Sampurasun Bobotoh

Manajemen Persib Bandung meluncurkan program Sampurasun Bobotoh, Selasa (16/3/2021).

Liputan6.com, Bandung - Manajemen Persib Bandung meluncurkan program Sampurasun Bobotoh, Selasa (16/3/2021). Program yang sementara dilangsungkan secara virtual ini dilakukan untuk mengetuk hati bobotoh agar mendukung tim kesayangan selama Piala Menpora 2021 dengan tetap dari rumah masing-masing.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) Teddy Tjahjono mengatakan, Sampurasun Bobotoh yang diluncurkan merupakan program untuk mempererat hubungan antara klub dengan suporter. Ini merupakan program tahun sebelumnya yang realisasinya sempat tertunda karena pandemi.

Adapun tujuan dari program ini menjadwalkan pertemuan langsung bobotoh di daerah, terutama di luar Bandung, dalam sebuah ruang diskusi untuk kemajuan bersama.

“Kami ingin antara Persib dan bobotoh dapat saling mengenal dan berdiskusi dengan baik. Jika selama ini bobotoh datang ke stadion untuk menonton Persib, saatnya Persib yang bergantian ke tempat mereka,” kata Teddy dalam diskusi virtual, Selasa (16/3/2021).

“Tapi kemudian datang pandemi dan terpaksa kami tunda dulu dan baru kami coba wujudkan sekarang secara virtual dan nantinya tetap berpedoman dengan protokol kesehatan,” ujar Teddy menambahkan.

Teddy menargetkan di 2021 ini, Sampurasun Bobotoh setidaknya dapat digelar minimal 20 kali. Selain itu, ia tak menampik bahwa kehadiran Piala Menpora 2021 sedikit banyak membuat program Sampurasun Bobotoh diluncurkan secara virtual.

“Sementara virtual dulu. Nanti kalau pandemi sudah benar-benar pergi, dan Piala Menpora dinyatakan lolos dari test case penerapan protokol kesehatan untuk menggelar liga, kami akan realisasikan bertemu langsung dengan bobotoh,” ujarnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sukseskan Piala Menpora demi Izin Liga 1

Perlu diketahui, notulen manager meeting Piala Menpora menyebutkan cacatnya pelaksanaan protokol kesehatan akan membuat kompetisi Liga 1 2021 gagal digelar.

Oleh karenanya, Persib sebagai klub peserta kompetisi berkewajiban untuk turut mensukseskan turnamen tersebut melalui Sampurasun Bobotoh yang akan menggemakan kampanye #DukungDariRumah.

Direktur PT PBB Teddy Tjahjono pun mengajak dua petinggi komunitas besar bobotoh, Herru Djoko dari Viking Persib Club dan Asep Abdul dari Bobotoh Maung Bandung Bersatu (Bomber) untuk mencari jalan terbaik agar Piala Menpora dapat berlangsung dengan baik.

Ketiganya pun sepakat untuk menggalakkan #DukungDariRumah dengan beberapa cara, yaitu tidak menginisiasi acara nonton bareng pertandingan Persib dan aktif mengimbau untuk tidak berkerumun di sekitar stadion.

"Jelang Piala Menpora ini kita melakukan edukasi ke kantong-kantong komunitas untuk mendukung Persib dari rumah, agar tidak datang ke stadion atau ngumpul bareng nonton ramai-ramai. Kita nonton di rumah saja sesuai anjuran pemerintah sebagai test case supaya Liga 1 bisa berjalan Juni nanti dengan baik," ujar Teddy.

Petinggi Viking Herru Djoko mendukung kampanye #DukungDariRumah untuk menyukseskan Piala Menpora. Sosialisasi terkait edukasi tidak nonton ke stadion dan nonton bareng akan disampaikan ke distrik-distrik Viking.

"Yang pastinya kita punya distrik, perlu koordinasi di situ. Saat ini karena sangat dimudahkan dengan medsos, kita beritahu harus menyukseskan Piala Menpora agar memperoleh izin Liga 1. Atensinya bagus dari distrik sejauh ini dan sudah menyanggupi untuk di rumah saja," tutur Heru.

Hal senada disampaikan petinggi Bomber, Asep Abdul. Menurut Asep, sosialisasi sebaiknya tak hanya dilakukan kepada suporter Persib. Tapi juga kepada suporter klub lain yang mana klub tersebut akan tampil di Bandung untuk mengikuti babak penyisihan grup.

"Di sini (Bandung) kan ada tim tamu juga. Nah itu perlu diantisipasi juga apakah suporter tim tamu nanti dari panpel melibatkan kami atau tidak. Kita perlu berkoordinasi dan Bomber kalau diajak kerja sama kita siap," katanya.

3 dari 3 halaman

Teken Pakta Integritas

Selain kampanye #DukungDariRumah, Persib dan kelompok suporter bobotoh menyepakati komitmen sebagai salah satu misi menyukseskan Piala Menpora 2021. Bentuk komitmen tersebut tertuang dalam pakta integritas.

Penandatanganan yang dilaksanakan di Graha Persib, Selasa (16/3/2021), dihadiri manajemen klub, bobotoh, serta jajaran dari Muspida Kota Bandung.

Para muspida yakni Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana, Komandan Kodim 0618/BS Kolonel Inf Sapta Budhi Purnama dan Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya diwakili Kabag Ops Polrestabes Bandung AKBP Asep Pujiyono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.