Sukses

Sering Mengangkat Kaki ke Dinding, Nantikan Perubahan pada Tubuh Kalian

Ada beberapa hal bakal terjadi pada tubuh. Terutama, bila kalian rutin mengangkat kaki ke dinding setiap hari. Simak ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Melakoni sejumlah aktivitas seharian di luar rumah tentu sering membuat kaki Anda terasa lelah di malam hari. Jangan khawatir, ada berbagai cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Mulai dari memijat kaki hingga merendamnya dengan air hangat. Tapi, ada kebiasaan yang sering dilupakan. Bahkan, kebiasaan ini dapat membantu mengatasi lelah pada kaki, yakni mengangkatnya ke dinding.

Banyak yang menganggap kebiasaan tersebut sepele. Namun jangan salah, mengangkat kaki ke dinding secara rutin justru dapat memberikan berbagai manfaat.

Seperti ditulis Healthline, Rabu 10 Maret 2021, beberapa hal bakal terjadi pada tubuh bila Anda rutin mengangkat kaki ke dinding saban hari. Yuk, simak di halaman berikut.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Terhindar dari Stres

Saat mengangkat kaki ke dinding sambil berbaring, tubuh Anda akan lebih rileks. Hal ini dapat membuat jaringan tubuh mendapat lebih banyak oksigen dan sirkulasi darah makin lancar. Alhasil, nutrisi dapat diedarkan ke seluruh organ dalam.

Ini dapat membuat sistem saraf lebih baik, mengurangi tekanan di sekitar kening, leher, dan perut. Bukan hanya itu, Anda juga akan terhindar dari stres.

3 dari 6 halaman

2. Kaki Bengkak dan Kram Hilang

Apakah Anda sering mengalami kaki bengkak atau kram? Mengangkat kedua kaki ke dinding dalam posisi berbaring nyatanya juga dikatakan bisa mengatasi kaki bengkak atau kram.

Anda yang sering lama berdiri di siang hari bisa mencoba untuk mengatasi kaki bengkak atau kram. Caranya dengan mengangkat kedua kaki ke dinding sebelum tidur.

4 dari 6 halaman

3. Sirkulasi Darah Lancar

Saat mengangkat kedua kaki ke dinding, posisi kaki akan lebih tinggi dari posisi tubuh. Hal ini dapat mencegah penumpukan cairan berlebih di tubuh bagian bawah. Begitu pula dengan sirkulasi darah yang bakal lebih lancar.

5 dari 6 halaman

4. Tidur Lebih Nyenyak

Bila Anda mengangkat kaki ke dinding, otak bakal memperoleh lebih banyak oksigen dan sirkulasi darah lebih lancar. Jika dilakukan dengan rutin, hal ini bisa membuat tidur pun jadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Cobalah untuk mengangkat kaki ke dinding selama 15-20 menit sebelum tidur setiap harinya.

6 dari 6 halaman

5. Sistem Pencernaan Lancar

Mengangkat kaki ke dinding dapat membuat suplai darah ke organ-organ dalam meningkat melalui aliran dari kaki.

Sirkulasi darah yang meningkat pun bisa mengoptimalkan sistem pencernaan. Jika dilakukan dengan rutin, sebagian besar nutrisi yang dicerna tubuh bakal diserap dengan lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.