Sukses

Mengenang Leon Spinks, Petinju yang Pernah Bikin Muhammad Ali Babak Belur

Leon Spinks meninggal dunia pada usia 67 tahun akibat penyakit kanker.

Liputan6.com, Jakarta Tidak banyak noda kekalahan dalam rekor bertanding legenda tinju kelas berat, Muhammad Ali. Namun satu yang paling menyiksanya tercatat pernah ditorehkan sosok bernama Leon Spinks atau Neon. 

Spinks lahir di St. Louis, Missouri, Amerika Serikat, 11 Juli 1953. Karier bertinjunya diawali dari amatir dan pernah merebut medali perunggu pada kejuaraan dunia 1974 dan medali emas Olimpiade 1976. 

Nama Spinks semakin melambung di tinju profesional. Sebab pada pertandingan kedelapan, Spinks sudah menjadi juara dunia kelas berat. Tidak tanggung-tanggung, Spinks merebutnya dari tangan Muhammad Ali, Spinks melucuti gelar juara sejati Ali lewat kemenangan angka split decision. 

Pertarungan ini berlangsung di Nevada, Las Vegas, pada 15 Februari 1978. Ali yang sudah berumur berharap pertarungan 15 ronde itu berjalan mudah. Namun Spinks yang terbilang masih terlalu hijau di tinju profesional justru memberi perlawanan sengit dan berhasil menghindari sengatan mematikan Ali. 

Ali tidak hanya kalah angka dalam pertandingan ini. Namun Spinks merupakan satu dari segelintir petinju yang mampu membuat Ali turun dari ring dengan wajah bonyok. Spinks juga menjadi satu-satunya petinju yang berhasil mengalahkan Muhammad Ali dan merebut sabuk juara dunia miliknya.

 

 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rematch Melawan Ali

Kekalahan ini membuat Ali penasaran dan mengajukan pertandingan ulang hanya 7 bulan setelahnya. Spinks tidak gentar. Dia bahkan rela kehilangan sabuk juara kelas berat versi WBC-nya demi bertemu Ali. Gelar itu dicopot setelah Spinks menolah menjalani duel wajib melawan Ken Norton dan memilih menjalani rematch melawan Ali untuk mempertahankan sabuk juara kelas berat versi WBA. 

Partai ini berlangsung di Louisiana Superdome, 15 September 1978. Ali yang telah menjalani persiapan yang lebih matang berhasil mengalahkan Spinks lewat kemenangan angka mutlak. Setelah duel ini, Ali tidak memberi kesempatan Spinks untuk rematch. Muhammad Ali memutuskan pensiun dari tinju profesional sebelum comeback melawan Larry Holmes dan Trevor Berbick beberapa tahun kemudian. 

 

3 dari 3 halaman

Meninggal Akibat Kanker

Spinks memutuskan pensiun pada tahun 1995. Dia mencatatkan rekor 26 (14KO), 17-3. Selain sebagai petinju, Spinks juga sempat menggeluti karier sebagai pegulat profesional pada tahun 1990. 

Muhammad Ali meninggal dunia 3 Juni 2016 lalu di usia 73 tahun akibat penyakit parkinson. Belum laam ini, Spinks juga menyusul. Spinks meninggal dunia di Las Vegas, Jumat lalu akibat kanker. 

Seperti dilansir dari fightnews, Spinks meninggal di usia 67 tahun. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.