Sukses

Daftar Lengkap Juara MotoGP 2020: Ducati dan Brad Binder Amankan Gelar di Seri Pamungkas

Liputan6.com, Jakarta - MotoGP 2020 resmi berakhir di Autodromo Internacional do Algarve, Minggu (22/11/2020). Hasil balapan menentukan sejumlah siapa pemenang beberapa titel yang masih diperebutkan.

Gelar pembalap sebelumnya sudah jadi milik Joan Mir. Dia mengamankan status juara dunia MotoGP pada balapan sebelumnya di Sirkuit Ricardo Tormo.

Sepak terjang Mir serta rekan setim Alex Rins juga berbuah kehormatan bagi Suzuki Ecstar. Mereka jadi tim terbaik dengan koleksi 310 angka, unggul jauh atas Petronas Yamaha SRT yang memiliki 248 poin.

Dengan kondisi ini, Portimao jadi ajang pertarungan untuk dua gelar yakni bagi konstruktor dan Rookie of the Year.

Siapa yang memenangkan dua kehormatan itu di MotoGP 2020?

2 dari 5 halaman

Gelar Konstruktor

Setelah harus mengakui keunggulan Yamaha dan Honda, Ducati akhirnya merebut gelar konstruktor. Capaian rider Pramac Ducati Jack Miller menduduki podium kedua di Portimao jadi alasan.

Capaian Miller membantu Ducati meninggalkan Suzuki yang gagal terpuruk di seri terakhir. Suzuki bahkan ditendang Yamaha ke posisi tiga menyusul keberhasilan Franco Morbidelli berjaya di Portugal.

Yamaha bahkan sebenarnya bakal merebut gelar konstruktor jika tidak melanggar peraturan. Namun, pengurangan 50 poin jadi berkah bagi Ducati yang menguasai titel untuk kali pertama sejak 2007.

3 dari 5 halaman

Rookie of the Year

Sementara status Rookie of the Year jadi milik Brad Binder dari KTM. Meski gagal finis di Portimao, sosok asal Afrika Selatan ini tidak terkejar oleh Alex Marquez (Repsol Honda) yang mengakhiri balapan di peringkat sembilan.

Dengan koleksi 87 angka, Binder memimpin 13 nilai di atas Marquez. Dia mencapai poin tersebut usai mengakhiri balapan di 10 dari 14 seri yang berlangsung pada 2020.

4 dari 5 halaman

Daftar Juara

Pembalap: Joan Mir (171 poin)

Konstruktor: Ducati (221 poin)

Tim: Suzuki Ecstar (310 poin)

Rookie of the Year: Brad Binder (87 poin)

5 dari 5 halaman

Saksikan Video MotoGP Berikut Ini