Sukses

Balapan Terakhir Valentino Rossi di MotoGP Portugal, Yamaha Bakal Berikan Dukungan

Liputan6.com, Roma - Valentino Rossi bakal menjalani balapan terakhir bersama tim pabrikan Yamaha di MotoGP Portugal, Minggu (22/11/2020). Sebagai tanda perpisahan, tim berjanji membantu pembalap gaek tersebut mencatat hasil terbaik.

Kontrak Rossi bersama tim pabrikan Yamaha berakhir selepas MotoGP 2020. Mulai musim depan dia akan membela tim satelit Petronas SRT.

"Kami mengincar posisi terbaik dan menutup 2020 dengan positif. Bukan hanya Valentino, kami juga bakal mengucapkan perpisahan dengan beberapa anggota tim selepas akhir pekan ini," ungkap Direktur Tim Monster Energy Yamaha Massimo Meregalli dikutip situs resmi.

Meregalli yakin Rossi bisa menorehkan prestasi di Autodromo Internacional do Algarve. Pasalnya, karakter sirkuit memiliki cengkeraman kuat yang mendukung kinerja Yamaha.

Satu-satunya kekurangan adalah lokasi. Meski sempat menjalani tes di sana, MotoGP baru menggelar balapan di Portimao pada musim ini. Lokani tersebut dipilih sebagai pengganti karena banyaknya seri yang dibatalkan akibat pandemi Covid-19.

2 dari 5 halaman

Juara Dunia 4 Kali

Tim pabrikan Yamaha bakal menggunakan jasa Maverick Vinales dan Fabio Quartararo mulai tahun depan. Keputusan ini sekaligus mengakhiri asosiasi dengan Rossi selama 15 tahun.

Rossi membela Yamaha dalam dua periode yakni 2004-2010 dan 2013-2020. Sosok berusia 41 tahun itu menjadi juara dunia empat kali bersama Tiga Garpu Tala.

3 dari 5 halaman

Banyak Sial di 2020

Rossi mengawali 2020 dengan masuk lima besar tiga kali pada empat seri awal, termasuk podium di MotoGP Andalusia. Namun setelah itu dewi fortuna menjauhinya.

Setelah gagal finis tiga balapan beruntun, Rossi melewatkan dua ajang di Aragon akibat positif Covid-19. Dia lalu terpuruk pada dua balapan di Valencia.

4 dari 5 halaman

Rapor Rossi di 2020

Seri MotoGP-Posisi

Spanyol: DNF

Andalusia: 3

Rep Ceko: 5

Austria: 5

Styria: 9

San Marino: 4

Emilia Romagna: DNF

Catalunya: DNF

Prancis: DNF

Aragon: Absen

Teruel: Absen

Eropa: DNF

Valencia: 12

5 dari 5 halaman

Saksikan Video MotoGP Berikut Ini