Sukses

Alex Criville Buka Pintu Joan Mir untuk Jadi Juara Dunia MotoGP 2020

Liputan6.com, Barcelona - Joan Mir sukses menjadi juara dunia MotoGP 2020 di musim keduanya. Pembalap berusia 23 tahun itu patut berterima kasih kepada Alex Criville yang mendobrak batas.

Spanyol memiliki banyak legenda dan juara dunia balap motor pada abad ke-20. Namun mereka hanya bersinar di level rendah. Ketika mencoba kelas utama, pembalap Spanyol kesulitan menandingi rival dan memutuskan turun kelas.

Angel Nieto contohnya. Dia jadi juara dunia 125cc, kini Moto3, sebanyak tujuh kali. Plus enam gelar 80cc yang sudah tidak lagi dilombakan, Nieto hanya kalah dari Giacomo Agostini (15) dalam daftar pengoleksi gelar terbanyak sepanjang masa.

Namun Nieto tidak pernah mencoba 500cc. Dia mendapat indikasi tidak mampu bersaing setelah beberapa kali gagal di 250cc.

Kinerja Sito Pons sama saja. Juara dunia 250cc 1988 dan 1989, dia gagal bersinar di 500cc ketika promosi pada 1990. Hanya bertahan dua musim, capaian terbaik Pons adalah menempati peringkat 10 klasemen akhir di kampanye debut.

2 dari 5 halaman

Penantian Panjang Criville

Adalah Criville yang mengakhiri mimpi buruk Spanyol di kelas utama. Dengan juara lima tahun sebelumnya Mick Doohan terkena cedera, dia sukses memenangkan persaingan melawan Kenny Roberts Jr, Tadayuki Okada, dan Max Biaggi untuk jadi juara dunia.

Perjuangannya pun terbilang panjang. Criville harus menunggu tujuh tahun untuk menduduki takhta sejak berkompetisi di kelas utama pada 1992.

 

3 dari 5 halaman

Lorenzo dan Marquez

Sepak terjang Criville membuka pintu bagi pembalap Spanyol lain, meski penantian kembali berlangsung lama. Jorge Lorenzo merebut dua gelar dalam tiga tahun pada 2010 dan 2012.

Selanjutnya giliran Marc Marquez yang merebut enam titel, atau tujuh secara beruntun jika Lorenzo tidak menggagalkannya pada 2015.

 

4 dari 5 halaman

Sepak Terjang Mir

Teranyar giliran Mir yang mengharumkan nama Spanyol. Dia mengamankan mahkota pada balapan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, akhir pekan lalu.

Finis di posisi tujuh membuat perolehan angka miliknya tidak mungkin dikejar rival dengan lomba hanya menyisakan satu balapan akhir pekan ini.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video MotoGP Berikut Ini