Sukses

Jelang Piala Dunia U-20 2021, Ketum PSSI Berharap Liga 1 Bisa Kembali Bergulir

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, sangat berharap kompetisi sepak bola nasional seperti Liga 1 bisa kembali dilanjutkan demi menyukseskan Piala Dunia U-20 2021

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi Shopee Liga 1 2020 hingga hari ini masih mandek. Belum ada kejelasan kapan kompetisi bergengsi itu bisa kembali dihelat.

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, sangat berharap kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bisa memperoleh izin keramaian. Sebab, kompetisi ini sangat penting bagi para pemain khususnya pemain berusia muda.

Piala Dunia U-20 2021 semakin dekat, saya memohon kepada pemerintah dan pihak kepolisian untuk memberikan izin supaya kompetisi bisa kembali bergulir,” ujarnya dalam diskusi bersama platform Baca Berita (BaBe) melalui teleconference Zoom, Selasa (27/10/2020).

“Para pemain khususnya penggawa Timnas U-19 Indonesia yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2021 membutuhkan wadah untuk mengasah kemampuan diluar pemusatan latihan (TC) Timnas,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ketum PSSI mengaku dengan adanya kompetisi kondisi fisik para pemain Timnas Indonesia U-19 bisa terjaga. Terlebih, saat ini Garuda Muda baru saja menyelesaikan TC di Kroasia dan butuh wadah baru untuk meningkatkan berbagai aspek permainan.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Program Shin Tae-Yong

Ketum PSSI yang akrab disapa Iwan Bule itu mengaku pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong juga berharap kompetisi di Indonesia bisa kembali dihelat.

Apalagi penggawa Timnas Indonesia U-19 hari ini bakal kembali ke tanah air, apabila tidak ada kompetisi dalam waktu dekat, dikhawatirkan ritme bermain serta kondisi fisiknya bisa menurun.

“Shin Tae-Yong memiliki program check in dan check out. Check in merupakan program dibawah arahannya yang berupa TC, sedangkan check out ialah program dimana penggawa Timnas Indonesia U-19 dilepas ke klubnya untuk menimba ilmu lain. Sehingga kompetisi sangat diperlukan bagi mereka,” paparnya.

3 dari 4 halaman

Momen Langka

Sejak PSSI berdiri 90 tahun silam, baru pertama kali Indonesia mendapat kesempatan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Oleh karena itu, Ketum PSSI ingin Timnas Indonesia U-19 bisa memanfaatkan momen bagus ini.

“Piala Dunia U-20 2021 ini jadi momen yang luar biasa, kita baru mendapat kesempatan langka ini pertama kalinya dan kita harus buktikan kepada dunia bahwa Indonesia bisa,” tuturnya.

4 dari 4 halaman

Jadwal Piala Dunia U-20 2021

Dalam kesemaptan yang sama, Menteri Pemuda dan Olahraga RI (Menpora RI), Zainudin Amali, mengatakan Piala Dunia U-20 2021 direncanakan bakal digelar pada awal bulan tahun depan.

“Piala Dunia FIFA U-20 rencananya akan digelar pada akhir bulan Mei 2021 mendatang. Mudah-mudahan jadwalnya tidak berubah lagi, karena kita sebagai penyelenggara hanya menunggu instruksi dari FIFA,” pungkasnya.

 

Penulis

Dzaky Nurcahyo

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.