Sukses

Shin Tae-yong Berharap Pemain Timnas U-19 Dapatkan Ini saat Pulang ke Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas U-19 Shin Tae-yong berharap kompetisi sepak bola Indonesia 2020 segera bergulir. Dia menilai ajang ini penting untuk menentukan komposisi skuat Piala AFC dan Piala Dunia U-20.

"Saya membutuhkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 untuk memantau secara langsung perkembangan pemain di klubnya masing-masing. Sekaligus saya bisa melihat jika ada pemain yang bisa dipanggil untuk memperkuat timnas U-20," ujar Shin Tae-yong, dilansir Antara.

Juru taktik asal Korea Selatan itu menyebut berlangsungya kompetisi membuat pemain merasakan atmosfer pertandingan yang konsisten. Kemampuan pemain juga semakin terasah. Shin Tae-yong bahkan menilai laga di liga lebih penting dibanding uji coba internasional.

"Jadi tidak bisa menunda-nunda kompetisi karena ini menjadi bagian penting dalam perjalanan sebuah timnas. Lebih cepat kompetisi digelar lagi akan semakin bagus," ungkapnya.

Liga 1 dan Liga 2 untuk sementara tidak dapat dilaksanakan karena ketiadaan izin keramaian dari Kepolisian Negara Republik Indonesia lantaran masih tingginya kasus Covid-19.

PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), dan 18 klub peserta Liga 1 berharap kompetisi berlangsung kembali pada November 2020 agar jalannya tidak terbentur agenda-agenda lain.

2 dari 5 halaman

Agenda Timnas U-19

Timnas U-19, yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20, saat ini tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia.

PSSI menjadwalkan mereka kembali ke Indonesia pada akhir Oktober 2020 sebelum melanjutkan TC di Prancis pada 8 Desember 2020-22 Januari 2021.

Akibat belum jelasnya jadwal kompetisi, para pemain timnas U-19 terancam tidak merasakan suasana kompetitif selama menunggu keberangkatan ke Prancis.

3 dari 5 halaman

Program Terganggu

Seusai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan program Timnas Indonesia U-19 untuk Piala Dunia U-20 akan terganggu jika Liga 1 dihentikan secara total.

Menurutnya, salah satu program pelatih Shin Tae-yong adalah seusai TC di Kroasia adalah mengembalikan pemain ke klub dengan tujuan mendapat menit bermain serta pengalaman di kompetisi yang ketat.

"Di kompetisi pemain akan belajar juga, karena atmosfernya berbeda dalam latihan atau TC pada pertandingan yang betul-betul mengejar target," ujar Mochamad Iriawan.

4 dari 5 halaman

Pentingnya Kompetisi

Beckham Putra dan kawan-kawan menunjukkan peningkatan yang signifikan selama TC. Progres itu tercermin seiring laga uji coba di Kroasia. Namun, perkembangan harus tetap didorong dengan keberlanjutan kompetisi.

"Kami berharap, ada dukungan agar kompetisi berjalan. Karena, kalau tidak, maka satu program dari Shin Tae-yong hilang," kata dia.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Timnas U-19 Berikut Ini