Sukses

Ketakutan Hantui Bagnaia Usai Terjatuh di MotoGP Emilia Romagna

Liputan6.com, Jakarta Nasib sial menimpa Francesco Bagnaia pada MotoGP Emilia Romagna, Minggu (20/92020). Pembalap Pramac Ducati tersebut terjatuh saat memimpin lomba yang berlangsung di sirkuit Misano tersebut.

Bagnaia hanya berjarak tujuh lap lagi dari garis finis saat sepeda motornya tiba-tiba terjatuh di tikungan 6. Padahal saat itu dia tengah memimpin lomba dan berpeluang besar untuk meraih kemenangan perdana sepekan setelah sukses merebut poidum pertamanya di ajang MotoGP

Saat kejadian, jarak Bagnaia dengan Maverick Vinales yang berada di posisi kedua sebenarnya cukup aman. Namun entah kenapa, tiba-tiba saja Bagnaia kehilangan kendali dan keluar lintasan. 

"Hal pertama yang saya pikirkan saat jatuh adalah membawa motor saya secepatnya ke box untuk diperiksa. Sebab kecelakaan itu terasa sangat aneh," kata Bagnaia seperti dilansir dari Crash.net. 

 

2 dari 5 halaman

Kecelakaan yang Aneh

Bagnaia menjelaskan, kalau dia sebenarnya sudah mampu menjaga jarak aman dengan rival terdekat, Vinales. Menurutnya, Vinales telah memberikan perlawanan ketat dan berusaha menekannya. 

"Namun saya cukup cerdas untuk bisa tetap menjaga jarak dengan dia," kata Bagnaia. 

"Dan kecelakaan itu sangat luar biasa, sebab melihat data kecepatan saya tetap sama, sudut kemiringan sama, gasnya sama, dan jalurnya juga sama. Jadi sepertinya saya menyentuh sesuatu, seperti sobekan ban atau sesuatu yang kotor di aspal," kata Bagnaia menambahkan. 

"Ini yang paling mungkin terjadi, sebab kalau bukan karena ini saya akan takut untuk mengikuti balapan selanjutnya sebab kejadian seperti ini tanpa ada peringatan dari lap sebelumnya sangat aneh."

 

3 dari 5 halaman

Bukan Kejadian Pertama

Jika dugaan Bagnaia benar, maka dua pembalap Ducati tengah menghadapi kendala yang sama di MotoGP Emilia Romagna. Pasalnya, rekan setimnya, Jack Milner juga terpaksa mundur dari balapan setelah sobekan ban dari Fabio Quartararo tersedot ke dalam mesin sepeda motornya. Kotoran tersebut kemudian memblokir saluran udara yang menyebabkan mesin sepeda motornya bermasalah.

Pembalap Yamaha, Maverick Vinales, akhirnya keluar sebagai juara MotoGP Emilia Romagna. Sementara posisi kedua ditempati oleh Joan Mir dan posisi ketiga menjadi milik Pol Espargaro.

 

4 dari 5 halaman

Hasil Balapan MotoGP Emilia Romagna

1. Maverick Vinales

2. Joan Mir

3. Pol Espargaro

4. Fabio Quartararo

5. Miguel Oliveira

6. Takaaki Nakagami

7. Alex Marquez

8. Andrea Dovizioso

9. Franco Morbidelli

10. Danilo Petrucci

11. Johann Zarco

12. Alex Rins

13. Bradley Smith

5 dari 5 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini