Sukses

Prediksi Belanda Vs Polandia: Menanti Aksi Finalis UEFA Nations League Tanpa Ronald Koeman

Belanda lolos jadi finalis UEFA Nations League 2019 tapi kalah 0-1 dari Portugal di laga final.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Belanda bakal memulai era baru tanpa Ronald Koeman saat melawan Polanda di fase grup UEFA Nations League di Johann Cruyff Arena, Sabtu (5/9/2020). Belanda tak akan mendapatkan sentuhan Ronald Koeman yang sudah hijrah ke Barcelona.

Belanda saat ini bakal ditangani asisten pelatih, Dwight Lodeweges yang sejak 2018 menemani Koeman di kursi kepalatihan Die Oranje, julukan Timnas Belanda. Lodeweges,pria asal Kanada, yang kenyang dengan karier kepelatihan dengan klub Belanda.

Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) cukup yakin untuk menyerahkan tampuk kepemimpinan sementara ke Lodeweges.

"Timnas Belanda akan memiliki masa depan yang cerah, itu yang saya yakini," kata Koeman soal Belanda pasca kepergiannya.

Lodeweges relatif tak susah lagi untuk meramu tim. Toh skuat yang ada sekarang mayoritas dihuni pemain yang juga mengantarkan Belanda lolos ke final UEFA Nations League 2019 lalu.

 

Saksikan Video Timnas Belanda di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Habis-Habisan

Lodeweges yang akan memulai debutnya juga mengaku senang bisa melatih Belanda. Dia melihat antusiasme tinggi dari pemainnya menghadapi UEFA Nations League.

"Satu hal yang saya yakini, semua pemain antusias dan ingin bermain dengan benar. Semua pemain ingin memperlihatkan apa yang bisa mereka lakukan," ujarnya seperti dikutip situs UEFA.

"Ada pemain baru dan juga skuat reguler di tim ini. Mereka akan habis-habisan. Saya belum ingin mencari pemain baru untuk gantikan Stefan de Vrij, saya lihat sekeliling, ini tidak masalah."

 

3 dari 4 halaman

Tanpa Lewandowski

Belanda bisa lebih percaya diri karena Polandia tak diperkuat Robert Lewandowski. Striker Bayern Munchen ini mendapatkan istirahat lebih lama.

"Lewandowski tetap pemain penting kami, kapten kami, tapi untuk laga melawan Belanda dan Bosnia, kami akan main tanpa dia," ujar pelatih Polandia, Jerzy Brzeczek.

 

4 dari 4 halaman

Fakta Menarik

1. Belanda sudah jumpa dengan Polandia sebanyak 15 kali di berbagai ajang. Rekornya yaitu menang 6 kali, imbang 6 dan kalah 3.

2. Belanda sudah tak terkalahkan di tujuh laga terakhir melawan Polandia; menang empat kali, imbang tiga kali. Kekalahan terakhir terjadi di kualifikasi Piala Eropa dimana Polandia menang 2-0 pada Mei 1979 lalu.

3. Polandia belum menang di tujuh laga melawan Belanda di Amsterdam. Rinciannya lima kali imbang kalah 2.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.