Sukses

Sibuk Urus Kepergian Messi, Barcelona Lupa Kirim SK Pemecatan Setien

Lionel Messi menggemparkan jajaran manajemen Barcelona lewat Burofax yang dikirimkannya.

Liputan6.com, Jakarta Rencana kepergian Lionel Messi benar-benar telah menyita perhatian Barcelona. Sampai-sampai, Blaugrana lupa belum mengirimkan salinan pemutusan kontrak Quique Setien.

Setien sudah tidak lagi menjabat sebagai pelatih kepala Barcelona sejak 17 Agustus 2020. Mantan pelatih Real Betis itu dipecat tiga hari setelah kelalahan 2-8 yang diderita atas Bayern Munchen di perempat final Liga Champions 2019/2020. Sebagai gantinya, Barcelona menunjuk Ronald Koeman.

Di tengah masa transisi tersebut, Lionel Messi malah membuat geger manajemen Barcelona. Itu setelah pemain asal Argentina yang menjadi aset utama Barca mengirim Burofax kepada manajemen pada Selasa (25/8/2020). Isinya tak lain adalah soal keinginannya hengkang dari Camp Nou.

Pesan formal ini membuat spekulasi kepindahan Messi semakin kuat. Media di seluruh dunia semakin rampai memberitakan masa depan pemain berjuluk La Pulga itu.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Barcelona Enggan Merugi

Manajemen Barcelona juga tak kalah sibuk. Mereka sekuat tenaga berusaha menjaga agar Messi tidak lepas secara cuma-cuma. Hal ini mungkin saja terjadi, menginat Messi memiliki 'ayat sakti' pada klausul perpanjang kontrak yang ditandatanganinya pada 2017 lalu.

Klausul bernomor 24 itu berbunyi, Messi bisa pergi di setiap musim dengan catatan telah memberitahukan keinginan tersebut kepada manajemen, 20 hari sebelum musim berakhir.

Manajemen Barca menganggap aturan ini sudah kadaluwarsa pada 10 Juni lalu. Namun kubu Messi menolak karena kompetisi musim ini molor akibat pandemi COVID-19.

 

3 dari 4 halaman

Pesan dari Setien

Namun Messi ternyata bukan satu-satunya pihak yang mengirimkan Burofax kepada Barcelona. Setien yang dipecat setelah 7 bulan bertugas juga melakukan langkah yang sama.

Cadena SER seperti dilansir dari Marca melaporkan, lewat pesan tersebut, Setien mempertanyakan surat keputusan (SK) pemecatannya yang belum juga dikirim Barcelona. Dokumen ini penting bagi Setien untuk melamar pekerjaan di klub baru. 

Barcelona juga mengaku telah menarima informasi itu dan menyatakan akan segera memprosesnya dengan cara dan waktu yang tepat.

Setien sebenarnya masih menyisakan kontrak dua tahun lagi di Barcelona. Namun setelah paceklik gelar musim ini, dan sirkus Liga Champions yang memalukan, mustahil baginya berada di bench Barca.

 

4 dari 4 halaman

Apa itu Burofax?

Burofax merupakan salah satu layanan Pos di Spanyol yang memungkinkan seseorang mengirim dokumen yang bisa dibuktikan kalau telah sampai kepada penerima berikut isinya.

Pengadilan akan menerima tanda terima pengiriman sebagai bukti bahwa dokumen yang dipermasalahkan benar-benar telah dikirim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.