Sukses

Pemain Termahal Jadi Kunci di Balik Kesuksesan Liverpool

Salah satu pemain yang pantas jadi sorotan adalah sosok bek jangkung Van Dijk. Pemain asal Belanda ini merupakan pembelian termahal Liverpool.

Liputan6.com, Jakarta Liverpool tampil superior di Liga Inggris musim 2019/2020. Bukan hanya sukses merengkuh trofi liga, The Reds juga begitu mendominasi kompetisi.

Simak saja! Pasukan Jurgen Klopp ini finis dengan 99 poin, unggul 18 poin dari peringkat dua sekaligus juara bertahan Manchester City. Liverpool juga hanya kalah tiga kali dari 38 pertandingan.

Teristimewanya lagi, catatan apik tersebut diakhiri dengan pencapaian luar bisa setelah sekian lama menunggu. Sebabnya, ini merupakan kali pertama Liverpool menjadi juara Liga Inggris dalam kurun 30 tahun. Klub yang didirikan pada tahun 1892 itu, baru kali ini bisa juara sejak era Liga Inggris dimulai tahun 1992 lalu.

Liverpool terakhir juara tahun 1990 saat masih belum memasuki era Premier League. Secara keseluruhan Liverpool sudah 19 kali juara Liga Inggris. Mereka cuma kalah dari Manchester United (MU) yang sudah 20 kali juara.

"Menjadi juara dengan klub ini benar-benar luar biasa. Ini adalah prestasi luar biasa dari para pemain saya ... dan sukacita murni bagi saya dapat melatih mereka," kata pelatih Liverpool, Jurgen Klopp.

Simak Video Virgil van Dijk Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kunci Kesuksesan

Kisah sukses Liverpool jadi juara Liga Inggris tentu tidak lepas dari kerja Jurgen Klopp sebagai manajer. Lalu, ada pemain kunci seperti Virgil van Dijk, Alisson, Sadio Mane, dan Mohamed Salah yang tampil luar biasa bagus.

Salah satu pemain yang pantas jadi sorotan adalah sosok bek jangkung Van Dijk. Pemain asal Belanda ini merupakan pembelian termahal Liverpool.

3 dari 6 halaman

Pembelian Fantastis

Klopp, mengakui bahwa nilai transfer Virgil van Dijk begitu fantastis. Namun, dia menilai memang begitulah kondisi pasar pemain saat ini.

Liverpool berhasil memboyong Van Dijk dari Southampton dengan harga 75 juta pounds (sekitar Rp 1,3 triliun). Nilai transfer tersebut sekaligus memecahkan rekor pembelian bek termahal dunia.

4 dari 6 halaman

Pemain Termahal

Sebelumnya label pemain termahal dunia disandang bek sayap Manchester City, Benjamin Mendy, yang didatangkan dari AS Monaco pada awal 2017-2018 dengan harga 51 juta pounds (sekitar Rp 930 miliar).

Van Dijk diklaim sebagai defender terbaik dunia saat ini. Meski menimbulkan kontroversial, tapi Van Dijk langsung menjadi idola ketika mencetak gol dalam debutnya melawan Everton.

5 dari 6 halaman

Pengaruh Besar

Sejak saat itu, bek jangkung asal Belanda ini makin bersinar. Kehadirannya memiliki pengaruh besar di lini belakang Liverpool.

Pemain 28 tahun itu kembali memberikan kontribusi besar untuk The Reds musim ini. Dalam 31 penampilan di liga, ia mengepak empat gol dan memberikan satu assist.

6 dari 6 halaman

Daftar Nilai Transfer Pemain Liverpool

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.