Sukses

5 Pemain Barcelona yang Bisa Memberi Pengaruh di Bawah Ronald Koeman

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona memecat Quique Setien sebagai pelatih pada Senin (17/8/2020) malam waktu setempat. Keputusan itu diambil usai Blaugrana menelan kekalahan memalukan 2-8 dari Bayern Munchen di perempat final Liga Champions.

Barcelona juga gagal mempertahankan gelar juara Liga Spanyol karena kalah bersaing dari rivalnya, Real Madrid. Ini menyebabkan klub Catalan itu untuk kali pertama tanpa gelar juara dalam 12 tahun terakhir.

Usai pemecatan Setien, media Spanyol ternama seperti Sport, AS, dan Marca melaporkan jika Ronald Koeman akan ditunjuk sebagai pelatih. Selain itu, Barcelona juga mengisyaratkan perombakan besar-besaran di tim utama.

Koeman diharapkan memiliki suara dalam membangun kembali skuat. Terlepas dari performa terbaru dan status pinggiran mereka di klub, lima pemain masih bisa memberi pengaruh di Barcelona di bawah asuhan juru taktik asal Belanda itu.

5 pemain Barcelona yang bisa memberi pengaruh di bawah Ronald Koeman seperti dikutip dari Sportskeeda:

 

 

2 dari 7 halaman

5. Junior Firpo

Junior Firpo dipuji sebagai salah satu prospek terbesar di Spanyol saat pindah ke Barcelona. Mantan bek sayap Real Betis itu diboyong ke Camp Nou dengan transfer 18 juta euro (plus bonus 12 juta euro).

Namun, kemajuan Junior terhambat karena kurangnya menit bermain dan konsistensi taktik Barcelona. Koeman, yang punya bakat mengasuh bakat muda, dapat menyelamatkan bek pemain berusia 23 tahun tersebut.

 

 

3 dari 7 halaman

4. Sergi Roberto

Sergi Roberto adalah salah satu pahlawan Bahlawan saat mengalahkan Paris Saint-Germain 6-1 di Liga Champions pada 2016 lalu. Namun sejak malam bersejarah itu, ia belum berkembang menjadi pemain kunci.

Fleksibilitasnya terkadang dapat menjadi kontraproduktif bagi dia dan klub. Akan tetapi, Koeman bisa memberikan stabilitas kepada pemain Timnas Spanyol itu dengan menjadikannya sebagai gelandang.

 

 

4 dari 7 halaman

3. Antoine Griezmann

Pemenang Piala Dunia 2018 Antoine Griezmann menjalani musim debutnya di bawah standar bersama Barcelona. Baik Ernesto Valverde maupun Quiqui Setien tidak mengandalkannya sebanyak yang dia harapkan.

Griezmann diasingkan ke bangku cadangan selama sebagian besar tugas Setien di Barcelona. Namun, Koeman bisa menjadikannya sebagai penyerang utama karena masa bakti Luis Suarez di Camp Nou akan segera berakhir.

 

 

5 dari 7 halaman

2. Frenkie de Jong

Frenkie de Jong seharusnya senang dengan prospek pelatihnya di Timnas Belanda mengambil kursi panas di Camp Nou.

De Jong belum memenuhi potensi aslinya sejak bergabung dengan Barcelona dengan nilai transfer 75 juta euro dari Ajax musim panas lalu. Dia telah menunjukkan sekilas tentang nilai aslinya, tapi di bawah Koeman, De Jong dapat memahami peran yang lebih besar dan lebih menonjol di Barcelona sebagai pemain XI.

 

6 dari 7 halaman

1. Miralem Pjanic

Di tengah kisruh usai kekalahan 2-8 dari Bayern Munchen di perempat final Liga Champions, banyak orang yang lupa bahwa Miralem Pjanic kini menjadi pemain Barcelona.

Ia sempat memunculkan beberapa ide dan kreativitas baru di lini tengah Barcelona yang saat ini sedang berjuang. Mantan gelandang Juventus itu bisa membantu Ronald Koeman meremajakan Barcelona di sepertiga tengah lapangan.

 

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Barcelona di Bawah Ini