Sukses

Lolos ke Semifinal Liga Champions, Pelatih RB Leipzig: Kami Akan Minum Bir dan Kemudian Fokus Hadapi PSG

Liputan6.com, Lisbon - RB Leipzig melangkah ke semifinal Liga Champions setelah gol Tyler Adams pada menit ke-88. Gol tersebut membuat wakil Jerman ini menang 2-1 atas Atletico Madrid 2-1.

Bermain di Estadio Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Jumat (14/82020) dini hari WIB, RB Leipzig unggul lebih dulu pada menit ke-50 dengan gol Daniel Olmo. Meski sempat membalas lewat tendangan penalti Joao Felix di menit ke-71, Atletico tak bisa mencegah langkah Leipzig keempat besar Liga Champions.

Pencapaian ini adalah momen terbesar dalam sejarah RB Leipzig. Sebab, ini kali pertama klub asal Jerman itu menginjakkan kaki di semifinal kompetisi kasta tertinggi Eropa yang disiarkan langsung SCTV dan live streaming di Vidio.com.

"Ada emosi yang luar biasa untuk klub saya, buat tim saya," kata pelatih RB Leipzig Julian Nagelsmann kepada BT Sport usai pertandingan. "Saya sangat bangga dengan tim saya. Mereka melakukannya dengan sangat baik dan saya juga senang.

Nagelsmann mengakui hanya ada sedikit waktu bagi RB Leipzig untuk merayakan sukses ke semifinal Liga Champions. "Kami tidak punya banyak waktu untuk merayakan kemenangan ini, tetapi mungkin kami akan minum bir bersama di hotel dan kemudian besok kami akan fokus ke PSG," ucap juru taktik berusia 33 tahun itu. 

 

2 dari 6 halaman

Siap Hadapi PSG

RB Leipzig akan menghadapi Paris Saint-Germain (PSG) di semifinal. Melawan PSG yang berisi pemain bintang seperti Neymar dan Kylian Mbappe, tentu bukan laga yang mudah.

Tetapi, RB Leipzig bertahan dengan baik saat melawan Atletico Madrid. Bek tengah Dayot Upamecano bermain luar biasa di laga itu.

Karena itu, Nagelsmann percaya anak asuhnya bisa meladeni ancaman yang akan diberikan PSG pada laga semifinal. "Kami harus sangat cepat di garis pertahanan, tetapi Anda bisa melihat hari ini bahwa Upamecano dan [Lukas] Klostermann sangat cepat," katanya. "Mereka bertahan dengan sangat baik."

"Akan ada situasi di mana Anda tidak bisa mengadang orang-orang ini sendirian. Anda melihatnya kemarin: Atalanta mencoba mengadang mereka secara langsung dan tidak semudah itu. Jika Anda kalah dalam duel, mereka ada di daerah berikutnya."

"Ada banyak bintang di tim ini. Ini tidak akan semudah itu, tapi kami akan berusaha melaju ke final."

3 dari 6 halaman

Perkembangan RB Leipzig

RB Leipzig dibentuk lebih dari 11 tahun yang lalu, tetapi sudah menjadi tim reguler di Bundesliga dan Liga Champions. Kini, RB Leipzig bisa bersaing untuk memperebutkan trofi Liga Champions.

"Klub berkembang sangat cepat. Sejak mereka mencapai Bundesliga, lolos ke Liga Champions tiga kali - itu hasil yang bagus - dan kami masih di Liga Champions musim lalu," ucap Nagelsmann.

"Kemajuannya sangat cepat, lebih cepat dari biasanya, tetapi mereka melakukan banyak hasil bagus dan keputusan bagus."

"Pemain bagus seperti Yussi [Poulsen] dan Emil [Forsberg] bermain di divisi tiga untuk RB dan sekarang masih di skuat kami. Mereka melakukan keputusan hebat dan itulah hasilnya," pungkasnya.

4 dari 6 halaman

Hasil Liga Champions

Atalanta 1-2 Paris Saint-Germain

Gol: Mario Pasalic (26'); Marquinhos (90'), Choupo-Moting (90+3')

RB Leipzig 2-1 Atletico Madrid

Gol: Daniel Olmo (50'), Joao Felix (71', penalti), Tyler Adams (88')

Jadwal Perempat Final Liga Champions

5 dari 6 halaman

Jadwal Perempat Final Liga Champions

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Liga Champions di Bawah Ini