Sukses

Gaji Terlalu Besar, Juventus Tawarkan Ronaldo ke Barcelona

Liputan6.com, Jakarta Juventus dilaporkan telah menawarkan bintang mereka Cristiano Ronaldo ke Barcelona. Juara Liga Italia itu, mencoba melepas sang penyerang sambil mencoba menurunkan gajinya.

Hal tersebut disampaikan pakar sepak bola Spanyol Guillem Balague. Menurut dia, Juventus telah terpukul keras oleh krisis Covid-19, karenanya mereka ingin memangkas biaya.

Ronaldo telah menjalani musim yang sangat sukses bersama klub raksasa Italia itu. Ronaldo tampil sebagai pencetak gol terbanyak klub dengan raihan 35 gol di semua kompetisi.

Performa Ronaldo telah membantu Juventus mengangkat gelar Liga Italia. Meskipun upaya terbaik pemain asal Portugal gagal membawa mereka di ajang Liga Champions setelah tersingkir di tangan Lyon.

Bersamaan dengan itu Juventus telah memecat pelatihnya Maurizio Sarri. Dia kemudian digantikan Andrea Pirlo - meski baru diangkat sebagai bos U-23 sembilan hari sebelumnya.

2 dari 5 halaman

Tekan Pengeluaran

Dan satu hal yang harus dilakukan manajer rookie ini adalah menurunkan pengeluaran - dengan gaji Ronaldo yang sangat besar.

Menurut Balague, mantan bintang Real Madrid itu dibayar 23 juta euro per tahun. Karena itu klub telah menawarkan jasanya ke sejumlah klub - bahkan Barcelona.

"Alasan mengapa Cristiano Ronaldo dikaitkan dengan PSG bukan karena PSG berpikir untuk mendapatkannya, itu karena Jorge Mendes telah diberi instruksi untuk menemukan tim untuk Ronaldo," kata Balague kepada BBC Radio 5 Live.

3 dari 5 halaman

Balik ke Real Madrid

Namun, dalam enam bulan terakhir, Ronaldo juga dikait-kaitkan lagi dengan Real Madrid. "Mereka bilang tidak ada kesempatan, dia tidak akan kembali," katanya.

"Dan ada pembicaraan tentang MLS karena Juventus ingin menghilangkan gaji itu. Ini sedrastis itu. Dia ditawarkan di mana-mana, termasuk Barcelona," ujarnya.

4 dari 5 halaman

Tak Bisa Disingkirkan

"Saya tidak yakin apakah mereka bisa menyingkirkannya dengan mudah [karena] dengan jenis uang yang masih dia hasilkan - 23 juta euro bersih - yang dia dapatkan di Real Madrid dan saya pikir dia menyamai gaji itu ketika dia pergi ke Juventus.

"Siapa yang akan membayar uang sebanyak itu?" tanya Balague.

5 dari 5 halaman

Peran Ronaldo

Sementara itu, terkait dengan pemecatan Sarri, konon Ronaldo telah memberitahu manajemen Juventus siap bertahan di Turin musim depan asalkan pelatihnya bukan Sarri lagi.

Ronaldo sudah tak mau lagi dilatih Sarri musim depan. Juventus nampaknya lebih berpihak kepada Ronaldo dan langsung memecat Sarri.