Sukses

Barcelona Harus Merdeka dari Lionel Messi, Coba Formasi Baru

Liputan6.com, Barcelona- Mantan bek Barcelona, Albert Ferrer khawatir dengan masa depan klub yang pernah dibelanya. Dia menilai Barcelona seharusnya bisa merdeka dari Lionel Messi.

Barcelona seperti diketahui terlalu bergantung dengan kehebatan Lionel Messi. Azulgrana tak punya kedalaman yang membuat mereka bisa bersaing di level atas.

Barcelona belum lama ini gagal mempertahankan gelar juara La Liga. Ini menjadi kedua kalinya dalam enam musim terakhir Barcelona dikalahkan Real Madrid dalam perebutan gelar juara.

Kegagalan ini menjadi kelanjutan dari kegagalan Barcelona di level Eropa. Dalam dua musim terakhir, Barcelona dipermalukan AS Roma dan Liverpool pada fase knock out Liga Champions.

Barcelona masih punya harapan di Liga Champions. Namun kelemahan Barcelona kerap terkuak di event ini meski Lionel Messi tampil apik.

 

2 dari 4 halaman

Kehebatan Lionel Messi

Kehebatan Lionel Messi memang sangat menonjol. Sejak 2004, rekor demi rekor terus diukir Messiah.

Musim ini, dia mencetak rekor sebagai pemain La Liga pertama yang bisa mencetak 20 atau lebih gol dan assist dalam satu musim. Dia mengemas 25 gol dan 21 assist di La Liga musim ini.

Ferrer menilai Messi tak akan bisa hebat selamanya. Namun dia yakin Messi bakal pensiun di Barcelona.

"Ini situasi yang unik. Tak ada tim yang bilang mereka tergantung satu pemain. Barcelona harus merdeka dari Lionel Messi, tapi dia masih yang terbaik," ujar Ferrer seperti dikutip Goal.com.

 

3 dari 4 halaman

Angkat Pemain Lain

 

Ferrer menilai Barcelona harus mengangkat pemain lain. Ini agar ketergantungan kepada Messi saat kesulitan mencetak gol bisa dihindari.

"Barcelona harus membuat pemain lain merasa penting juga, lakukan hal berbeda untuk membantu Messi. Barca kini punya opsi lain seperti Ansu Fati," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Saksikan video Barcelona berikut ini: