Sukses

Jadi Tren, Virtual Ride Indonesia Kampanyekan Kesadaran Aman Bersepeda

Bersama komunitas sepeda warga dapat berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia yang lebih ramah dan aman untuk bersepeda.

Liputan6.com, Jakarta Tren bersepeda di Indonesia akhir-akhir meningkat pesat. Kegiatan ini patut mendapat apresiasi karena mengindikasikan kesadaran untuk hidup sehat dan peduli terhadap lingkungan.

Namun sayangnya semangat baik tersebut belum diikuti dengan kepekaan dalam bersepeda yang aman, terutama di masa kenormalan baru (new normal) ini. Masyarakat masih memerlukan edukasi yang masif.

Ini untuk memberikan kesadaran pentingnya menerapkan protokol kesehatan dan toleransi antar pengguna jalan serta pengguna fasilitas olahraga lainnya.

Berkaca pada kebutuhan tersebut, Indonesia harus menerapkan kampanye peningkatan kesadaran #AmanBersepeda secara berkelanjutan. Terkait dengan itu, Virtual Ride Indonesia (VRI), bekerja sama dengan Anteraja berencana menggelar kegiatan Anteraja Virtual Ride Indonesia #MerdekaSeries.

Bersama dengan komunitas sepeda di Indonesia, kegiatan ini berkomitmen untuk mendukung dan menguatkan upaya kampanye dan advokasi yang selama ini telah dilakukan, khususnya melalui platform digital.

Simak Video Kegiatan Bersepeda Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jarak Tempuh

Kegiatan yang dilaksanakan pada masa adaptasi kenormalan baru (new normal) dan bertepatan dengan momen HUT RI ke-75 ini, merupakan alternatif event untuk memfasilitasi masyarakat Indonesia, khususnya pecinta sepeda dalam merayakan euforia kemerdekaan dengan bersepeda secara virtual.

Virtual Ride Indonesia #MerdekaSeries menawarkan 3 kategori jarak yang bisa dipilih yaitu, pro berjarak 350 km, medio (150 km) dan Fun (75 km).

Dengan berpartisipasi dalam kegiatan ini peserta bersama komunitas sepeda yang telah tergabung dapat berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia yang lebih ramah dan aman untuk bersepeda.

3 dari 3 halaman

Bertahap

Setiap peserta yang mendaftar dapat bersepeda secara sendiri-sendiri maupun bersama kelompoknya dan menyelesaikannya secara langsung atau bertahap selama lebih dari 30 hari penyelenggaraan.

Caranya dengan menggunakan aplikasi untuk pengukuran waktu dan jarak tempuh yang dilalui, dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Selain dapat mengikuti challenge VRI, peserta yang telah terdaftar juga berkesempatan mengikuti safety riding photo challenge & safety riding video challenge dengan tema kemerdekaan. Kegiatan ini digelar mulai 1 Agustus 2020 hingga 13 September 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.